Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Novelis - Karyawati swasta, ibu dua putra, pembaca dan penulis.

aka Kak Jul ~ Instagram: @wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Https://pimedia.id/wiselovehope Email: wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Rahasia Awet Muda Murah Meriah

18 November 2022   16:45 Diperbarui: 18 November 2022   17:41 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi via Pixabay

Banyak kita berpikir awet muda itu memerlukan usaha keras dan dana besar seperti minum vitamin dan suplemen kesehatan bermutu, melakukan facial treatment yang mahal, nge-gym di tempat-tempat seperti fitness center yang lengkap, dan lain-lain. Rasanya jika tidak seperti influencer atau para peng-endorse produk-produk kecantikan di media sosial, kita akan kalah telak. Padahal jika diperhatikan, banyak juga masyarakat Indonesia dan Asia yang malah bukan kalangan berada namun bisa tetap awet muda.

Apa 'sih rahasia murah meriah yang mungkin dekat sekali namun tak terpikirkan sebelumnya?

1. Minum air putih lebih sering dibandingkan minuman lainnya (es, manis-manis, dan berwarna). Apabila ingin, minumlah teh hijau, teh hitam atau kopi tanpa gula. Sebaiknya seduhan sendiri, lebih segar dan murah harganya.

2. Berjalan kaki. Jangan gunakan transportasi umum apabila tidak benar-benar jauh dan perlu. Misalnya, untuk berjalan 200 meter saja, tidak perlu naik ojek, becak atau angkot. Cukup 10-20 menit saja sehari dan rasakan bedanya.

3. Gunakan produk kecantikan yang murah meriah namun cocok di kulit kita. Penulis menggunakan lotion lokal dengan kandungan kolagen dan cokelat, harganya tidak mahal namun pas, tidak menimbulkan jerawat.

4. Cukup istirahat. Tidur 6-8 jam sehari. Hindari bergadang atau kurang tidur.

5. Makan makanan bergizi, misalnya sayur hijau dan direbus, protein seperti tahu-tempe serta buah-buahan. Ibu penulis yang kini sudah berusia 80 tahun sangat menggemari buah pisang. Buah ini tidak mahal harganya namun sangat lezat, bahkan bagi anak-anak yang kurang suka buah.

Baca juga: Dalam Hatiku

6. Manajemen/kelola stres. Selalu berpikir positif, jauhi ketegangan dan masalah. Jika ada, segera selesaikan sehingga tidak membebani pikiran.

7. Nikmatilah musik yang kita suka. Tidak perlu keras-keras, asal enak didengar saja.

8. Last but not least, dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa dan bertindak sebaik-baiknya. Miliki hati dan jiwa yang tenang, maka kita akan selalu awet muda, sehat dan bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun