Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Kompasianer, Novels Author, Content Creator

Instagram : @wiselovehope, @z.couple.rj, @z.royal.family.jtv (My Creations) Noveltoon, Goodnovel, Wattpad : Wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Email : wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ciri-ciri "Toxic People" yang Sebaiknya Kita Hindari

27 Desember 2020   06:20 Diperbarui: 28 Desember 2020   08:44 690 15 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri-ciri "Toxic People" yang Sebaiknya Kita Hindari
Ilustrasi toxic people | shutterstock

Walaupun kita sangat dianjurkan untuk memiliki teman sebanyak mungkin, tidak bermusuhan dan selalu hidup berdampingan dalam kedamaian, namun hidup memang tak seindah dan semudah dunia dongeng.

Pada kenyataannya, ada sekelompok orang yang tanpa kita sadari, adalah 'toxic people' yang tak bisa tidak, menyelusup ke dalam lingkungan perkenalan kita.

Demikian sebagian ciri 'toxic people':

1. Senang 'update' status sosial media atau gemar bercerita di muka umum secara langsung dengan aneka keluhan yang mengasihani diri sendiri, pesimistik, 'play victim' serta menuduh seseorang menyakitinya, selingkuh, bertengkar dengannya tanpa alasan yang jelas atau bukti.

2. Seperti yang pernah penulis bahas di tulisan sebelumnya, menjadi 'drama queen/king' namun tak menyadari diri sendiri telah dianggap orang seperti itu.

3. Menyanjung tinggi orang-orang yang sepertinya baik padanya, misalnya mereka yang memujinya, namun melupakan orang yang lebih baik lagi yang telah menolong secara nyata kepadanya.

4. Sepertinya alim dalam keseharian, namun di baliknya menyimpan akar pahit atau sesuatu yang gelap dalam dirinya.

5. Berusaha keras agar orang-orang setuju dengan idenya yang terlihat seolah positif, padahal ia sendiri hanya mencari pembenaran "Iya, saya korban toh. Jadi selayaknya dibantu." Dan lain-lain.

Mengatasi orang-orang seperti ini bukan dengan menegur atau mengkonfrontasi mereka, karena serta-merta Anda akan dibantah, dijauhi, difitnah bahkan akan dilibatkan dalam drama mereka. Ide dari penulis yang pernah mengalami dan dicurhati hal seperti ini adalah:

1. Sindir halus. Sentil saja, tanpa harus dipermalukan di depan orang banyak. Bila mereka masih punya kepekaan, niscaya akan sedikit sadar dan berusaha mencari tahu apa yang tidak beres dalam diri mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x