Randiwan
Randiwan

Berusaha membantu Indonesia menjadi lebih baik. #akutransformer

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

La Ola Verde (LOVE)

22 Februari 2019   23:56 Diperbarui: 23 Februari 2019   00:33 116 4 1
La Ola Verde (LOVE)
sumber loudmono.com

Di bulan Februari ini memang nuansa kasih sayang begitu terasa karena banyak sekali acara yang berkaitan dengan hari kasih sayang, Valentine.

Dan Kompasianapun jeli dalam membantu kita mengingatkan bahwa kasih sayang itu bisa kita rasakan bersama siapa saja yang ada dalam kehidupan kita. Ajakan untuk menulis artikel mengenai kebersamaan pada saat perayaan Valentine dengan tema "Say It With Film" menggugah saya untuk mulai nulis lagi :)

Kebetulan tahun 2019 adalah tahun politik di negara kita ini dan sebelum debat pilpres yang kedua kemarin, saya dan keluarga memilih menonton film dokumenter mengenai pilpres di Kolombia tahun 2010 yang lalu. Nonton film dokumenter politik luar negeri di perayaan Valentine memang agak aneh, tapi film ini sangat kaya akan ungkapan kasih sayang dan cinta kepada keluarga, teman dan negara. 

Masih kita ingat bukan, di pilpres kita lima tahun yang lalu banyak sekali gesekan antara teman dan keluarga terjadi karena adanya perbedaan pilihan paslon. Nah, film ini cocok sekali untuk ditonton bersama teman dan/atau keluarga karena bisa membuat hati tetap adem dalam menghadapi pilpres 2019 :)


Judul film ini adalah La Ola Verde dan kebetulan sekali bisa disingkat menjadi LOVE, pas banget kan :)

Film ini mengisahkan tentang perjalanan kampanye pilpres seorang Antanas Mockus selama 8 minggu di tahun 2010. Beliau ini sangat amat unik, karena awalnya beliau adalah seorang dosen dan rektor di salah satu universitas ternama di Kolombia. 

Dalam perjalan karir politiknya, beliau pernah menjabat walikota Bogota selama 2 kali (beda periode) dan berhasil menjalankan dua masa jabatannya dengan sukses dengan melakukan berbagai eksperimen sosial. Hal ini sudah pernah dibahas oleh rekan kompasianer melalui artikel ini https://www.kompasiana.com/naufalr/5528cd90f17e61250b8b457c/bandung-beringas-refleksi-the-bogota-change

Berita mengenai pilpres tersebut tentu pernah juga di beritakan di kompas.com 

La Ola Verde merupakan film dokumenter yang sangat apik karena berhasil mengangkat cerita politik yang sangat humanis dan memberikan teladan bahwa kejujuran bukanlah hal yang mustahil dalam berpolitik.

Di awal film kita diperkenalkan pada perjalanan partai hijau dalam memilih calon yang akan diusung pada pilpres tahun 2010. Hal sangat unik terjadi ketika ketiga calon internal partai hijau tidak hanya berkampanye bersama tapi juga berkampanye untuk masing-masing calon diantara mereka bertiga. 

Hal yang sangat luar biasa dan inilah awal dari apa yang disebut"the Green Wave" atau gelombang hijau yang tidak lain adalah arti dari La Ola Verde. Karena akhirnya yang terpilih mewakili partai hijau adalah Antanas Mockus maka film dokumenter ini juga disebut "Antanas' Way".

green-party-5c7021bdc112fe1fee788213.png
green-party-5c7021bdc112fe1fee788213.png
Pada saat awal pilpres itu sendiri berlangsung calon terkuat berdasarkan poling adalah Juan Manuel Santos dengan 23% sedangkan Antanas Mockus menduduki posisi terakhir dengan hanya 3 %. Namun apa yang terjadi setelah putaran pertama selesai ternyata Anatas Mockus berhasil mendampingi Juan Manuel Santos untuk maju ke putaran kedua untuk menentukan siapa yang berhak menjadi presiden Kolombia berikutnya.

Versi lengkap film ini sangat sulit untuk dicari di internet, maka dari itu saya sudah upload di youtube agar bisa ditonton oleh rekan Kompasianers sekalian. Dulunya ada dan bisa di download di www.antanasway.com tapi sekarang website ini sudah tidak aktif.

Full movie dapat di tonton di link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=YahuvDmvZ2g

Selamat menonton dan semoga bermanfaat.

NB: Mohon diketahui film ini berbahasa Spanyol dengan substitle bahasa Inggris.