Edukasi

Apakah Manfaat dan Tujuan Ramsis Ali dalam Membuat Program Kelas Gratis?

21 Maret 2019   15:05 Diperbarui: 21 Maret 2019   15:37 33 0 0
Apakah Manfaat dan Tujuan Ramsis Ali dalam Membuat Program Kelas Gratis?
whatsapp-image-2019-03-20-at-22-35-10-5c9344627a6d8867c71f4a12.jpeg

Dengan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah membawa perubahan kehidupan manusia dimana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan dengan peningkatan pendidikan. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dan juga agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. 

Manfaat Kelas Gratis adalah: 

1. Menjamin tersedianya, lahan, sarana dan prasarana pendidikan gratis 

2. Memberikan peluang ke Generasi Muda kurang mampu untuk mendapatkan ilmu keahlian 

3. Meningkatkan mutu/taraf pendidikan 

4. Mengurangi tingkat kebodohan, pengangguran, dan kemiskinan 

5. Dapat menghasilkan generasi muda yang berkualitas 

6. Mengurangi beban orang tua dalam mendapatkan ilmu praktisi putra putrinya. 

7. Membantu Generasi Muda untuk mendapatkan ilmu praktisi atau modal keahlian yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perekonomian. 

8.Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh warga masyarakat usia sekolah dan mengantisipasi kesenjangan masyarakat khususnya hak untuk memperoleh pendidikan dan sebagai warga masyarakat upaya pencerdasan Bangsa. 

Kehidupan ekonomi dan sosial tidak hanya ditentukan sepenuhnya oleh tersedianya sumber alam, tetapi lebih ditentukan oleh kualitas sumber daya manuasianya yang dapat menguasai dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan taraf hidupnya. Program yang di canangkan oleh Ramsis Ali dari sumber daya manuasia nya untuk guru-guru  dari ibu-ibu rumah tangga yg memiliki kwalitas dan potensi mengajar di Kelas Gratis dan Ramsis Ali juga berpacu kepada UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 yang berbunyi :"Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga. 

Tujuan adanya penyelenggaraan Kelas Gratis, yaitu ; 

1. Tingkatkan pemerataan kesempatan belajar untuk mendapatkan modal keahlian bagi Generasi Muda. 

2. Tingkatkan mutu penyelenggaraan dan lulusan kelas gratis. 

3. Tingkatkan relevansi pendidikan yang berbasis kompetensi agar dapat mengikuti perkembangan global. 

4. Tingkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan kelas gratis untuk memenuhi mutu dan produktivitas sumber daya manusia yang unggul.

Adapun Ruang Lingkup Kelas Gratis, antara lain; 

1. Kelas Gratis dilaksanakan di setiap Kelurahan di Jakarta 

2. Pendidikan Gratis berfungsi untuk memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada Generasi Muda wajib belajar guna mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu. 

3. Pendidikan Gratis bertujuan untuk membantu Generasi Muda dalam menimba ilmu di luar jam sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2