Mohon tunggu...
Ramid Masyutie
Ramid Masyutie Mohon Tunggu... freelancer

Menulis ....

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kisruh Korsel-Iran Balas Tahan Tanker Korsel, Indonesia Pula Tahan Tanker Iran

28 Januari 2021   06:39 Diperbarui: 28 Januari 2021   07:19 162 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisruh Korsel-Iran Balas Tahan Tanker Korsel, Indonesia Pula Tahan Tanker Iran
Foto; Iraninti.com/'news

Iran dan Korea Selatan bersitegamg karena  asetnya dibekukan Korsel, kapal Tanker Korsel ditahan, sementara Indonesia  pula yang tahan Kapal tanket Iran dan Panama. 

Pemerintah Indonesia telah mengklaim bahwa Penjaga Pantai Indonesia telah menyita sebuah kapal tanker minyak berbendera Republik Islam Iran di perairan Indonesia.

Penjaga Pantai Indonesia dalam situs resminya pada hari Minggu mengatakan bahwa mereka telah menahan dua kapal tanker bernama "MT Horse" dengan bendera Iran dan "MT Freya" dengan bendera Panama, "IRNA melaporkan dari surat kabar Indonesia Jakarta Post. Disita di perairan Pontianak, di provinsi barat Indonesia.

Indonesia selidiki keberadaan kapal tanker Iran yang dituduh 'melakukan transfer minyak ilegal' di perairan Kalimantan.

Sehari setelah penyitaan sebuah kapal tanker raksasa Iran di perairan Indonesia, spekulasi berkembang di Iran tentang alasan dan kemungkinan kaitannya dengan penyitaan Tanker Korea dengan identitas dua pelaut kapal  Indonesia pekerja ditanker Korea Selatan yang disita di perairan Iran.

Namun hal itu dibantah sendiri oleh media Iran Hamshahri Online, ir./news 25/01/21 ketika beberapa media telah mengklaim bahwa penyitaan kapal tanker minyak berbendera Iran MT Horse oleh Badan Keamanan Laut Indonesia dengan dalih menyelundupkan produk minyak mungkin tidak terkait dengan penyitaan sebuah kapal tanker Korea di perairan Teluk Persia.(Iran)

Sebelumnya diberitakan bahwa dua dari 20 pelaut dan awak kapal tanker Hankook Chami di Korea Selatan adalah orang Indonesia dan penyitaan kapal tanker Iran di perairan Asia Tenggara mungkin merupakan inisiatif pihak berwenang Indonesia untuk mengklarifikasi nasib kedua pelautnya.

Setelah pemeriksaan, mereka dihentikan saat mengangkut bahan bakar secara ilegal dari kapal Umm Hors ke Umm Ferry dengan selang yang dihubungkan antara dua kapal tanker," tambah pejabat militer Indonesia itu, demikian iraninti.com/news

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran menilai penyitaan kapal tanker itu sebagai tindakan umum dan menginformasikan upaya teknis perusahaan pelayaran dan pemilik kapal tanker untuk menyelesaikan masalah dalam waktu sesingkat mungkin.

Menurut Saeed Khatibzadeh, Kementerian Luar Negeri Iran dan Kedutaan Besar Teheran di Jakarta juga memantau secara cermat masalah teknis tersebut dan menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah Indonesia mengenai alasan penyitaan kapal tanker Iran tersebut.

Indonesia menjelaskan lebih anjut penyitaan kapal tanker MT Horse dengan mengutip juru bicara Penjaga Pantai Indonesia, bahwa salah satu alasan utama penyitaan dua kapal tanker Iran dan Panama adalah mencemari air laut saat mengangkut minyak dari Iran ke Panama dan tindakan illegal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x