Mohon tunggu...
M. Rahmad Kartolo
M. Rahmad Kartolo Mohon Tunggu... -

Yang Penting Hatinya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apakah Admin Kompasiana Tidak Bisa Membedakan antara Politik dan Humaniora?

28 April 2018   20:55 Diperbarui: 28 April 2018   21:23 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Apakah Admin Kompasiana Tidak Bisa Membedakan Antara Politik dan Humaniora?

Saya tidak habis mengerti  sejak menulis-nulis opini di Kompasiana mengapa sering sekali terjadi artikel-artikel yang saya tulis dirubah-rubah oleh Admin Kompasiana.  Berkali-kali Judul tulisan saya dirubah. Ada yang dipotong, ada yang dirubah kata-katanya dan lainnya.  Ada lagi  artikel yang dipindah-pindahkan tempatnya terutama dari artikel politik ke artikel humaniora. Beberapa kali juga terjadi dari kolom politik di pindah ke kolom Pemilu (Kotak Suara).

Apakah ini semua merupakan kesengajaan ataukah memang di Kompasiana ini tidak boleh mengkritik Jokowi ataukah ini sebuah kesalahan server?

Saya tertarik menulis di Kompasiana hanya untuk menyalurkan opini saya atau tepatnya aspirasi politik saya. Jadi memang hanya artike-artikel politik yang saya tulis terutama mengkritik pemerintah dan para penguasa.

Kemarin saya membuat tulisan yang mempertanyakan kebijksanaan Jokowi yang memperkerjakan TKA asal China di proyek-proyek infrastruktur yang dibangun.  Pada saat dunia lapangan kerja dalam negeri sepi, Jokowi memperbolehkan sebuah proyek dibangun dengan melibatkan 32% Pekerja asal China.

Mungkin Admin Kompasiana belum sepenuhnya  paham tentang Humaniora. Humaniora itu hal-hal yang berkaitan dengan  manusia  terutama dari sisi sosialnya ataupun suatu  kejadian yang berdampak pada kemanusiaan  ataupun hal-hal yang lain atau interaksi lain antara sebuah ilmu terapan terhadap sisi manusia.

Jadi seperti itu sehingga artikel saya kemarin yang mempertanyakan kepada Jokowi atas kebijakannya memperkerjakan TKA asal China itu adalah murni artikel Politik.

Kemarin  sore saya menulisnya. Ketika agak malam saya lihat artikelnya ternyata sudah berubah posisinya ke kolom Humaniora. Saya piker saya yang lupa atau lalai menempatkannya meskipun seingat saya belum pernah  sekalipun saya membuat artikel  mengenai Humaniora dan menempatkannya di Humaniora.

Semalam saya rubah posisinya. Tapi tadi pagi saya lihat posisinya kembali ke kolom Humaniora. Jadi saya yakin memang Admin yang sengaja memindah-mindahkannya.

Sayang sekali Kompasiana yang sudah terkenal bertahun-tahun sebagai wadah aspirasi masyarakat ternyata saat ini mempunyai kualitas Admin yang kurang memadai  dan tidak paham perbedaan kelompok-kelompok artikel.

Itu saja yang mau disampaikan.

Terima kasih dan wassalam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun