Mohon tunggu...
Ramadiani Putri Kuntara
Ramadiani Putri Kuntara Mohon Tunggu... Lainnya - KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi MBKM pada Masa Pandemi - Kelompok 46 DPL : Drs. Wawan Purnama, M.Si.

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Orang Tua Berperan "Ganda" Pada Masa Pandemi

24 Juli 2021   23:14 Diperbarui: 24 Juli 2021   23:21 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Tua Berperan "Ganda" Pada Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Corona (Covid-19) merupakan sebuah wabah yang sangat mematikan. Gejalanya dimulai dengan pneumonia atau radang paru-paru misterius pada Desember 2019. Kasus ini diduga berkaitan dengan pasar yang menjual 164 hewan yang berada di Wuhan, China dengan berbagai jenis daging binatang.

Terdapat kurang lebih 200 negara dari berbagai belahan dunia yang telah terjangkit virus ini. Di Indonesia sendiri sudah banyak korban  yang terpapar dengan virus corona (Covid-19) ini dan dikutip dari data Worldometers, Kamis (8/7/2021) saat ini Indonesia menempati urutan ketiga dengan penambahan kasus harian Covid-19 terbanyak dengan jumlah 34.379 kasus.

Dengan terus meningkatnya Covid-19 di Indonesia, semua aktivitas mengalami perubahan atau adanya adaptasi baru. Dan pemerintahpun, menghimbau untuk tidak berpergian atau berkerumunan lebih baik dirumah saja. Dengan hal tersebut otomatis, semua yang dilakukan menjadi online. Siswa SD, SMP, SMA, Mahasiswa, bahkan hingga orang yang bekerja terpaksa harus melakukan semuanya di rumah.

Tak heran para orang  tua mendengar anaknya berkeluh kesah dengan kebosanan yang dialaminya. Peran orang tualah yang akan menjadi  kekuatan untuk anaknya dalam keadaan pandemi saat ini, walaupun  ayah atau bunda yang memang biasanya bekerja dalam sehari-harinya. Akan tetapi, mereka harus menjadi superhero pada masa pandemi saat ini.

Peran apa saja yang harus di perhatikan kepada anak? Yuk simak berikut ini!

1. Memahami  Kondisi Anak

Ketika anak sedang badmood janganlah langsung dibentak atau dimarahi. Karena anak akan merasakan tekanan dalam dirinya yang membuat akan terus tertekan (stress). Sebaiknya, ajaklah berbicara dan tanya apa sebabnya.

2. Mendukung Impian Anak

Karena semua orang tua ingin anaknya menjadi anak yang bisa membanggakan keluarga maupun bangsa dan menajdi anak sukses. Dengan hal kecil seperti ini, mendukung impian anak agar anak dapat bersemangat dalam meraih impiannya.

3. Menjamin Kesehatan Anak

Dengan keadaan Covid-19, peran orang tua yang sangat menjamin kesehatan anak agar anak dapat terus tumbuh kembang dengan sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN