Mohon tunggu...
Ramadheka Putra Anugerawan
Ramadheka Putra Anugerawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Informatika

Ayo Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

PKM Unpam: Workshop Jaringan Komputer (LAN) untuk Menambah Pengetahuan dan Keahlian Siswa

2 Desember 2021   16:58 Diperbarui: 2 Desember 2021   17:09 256 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama dengan Dosen pembimbing & Pimpinan Pondok pesantren/Dokpri

Tangerang Selatan -- Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang Melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema : Workshop Jaringan Komputer (LAN) Untuk Menambah Pengetahuan Dan Keahlian Siswa Dalam Merancang Jaringan LAN, pada Sabtu 27 November 2021 yang bertempat di Pondok Pesantren Nafidatunnajah, Rawakalong, Gunung Sindur, Kab Bogor. 

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan program wajib dari Universitas Pamulang yang diketuai oleh Ikbal Putra Fauzan, dan beranggotakan, Ahmad Fauzan Asidik, Ahyat Saputra, Apri Faizal Luthfi, Auranisa Sekar Ayu Nada, Bayu Alfadryan, Imam Nurhidayat, Ramadheka Putra Anugerawan, Ridho Firman Hakim, dan Rijaludin.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah dan Satgas Covid-19 setempat dibuka oleh Ketua pelaksana kami Ikbal Putra Fauzan dan dilanjutkan oleh dosen pembimbing kami Bapak Aulia Ikhsan, S.Kom., M.Kom. Serta pimpinan dari Pondok Pesantren Nafidatunnajah Bapak Ahmad Nurul Anwar, S.Kom., M.Kom.

Pembukaan acara oleh ketua pelaksana Ikbal Putra Fauzan/dokpri
Pembukaan acara oleh ketua pelaksana Ikbal Putra Fauzan/dokpri

Sambutan oleh Dosen pembimbing Aulia Ikhsan, S.Kom., M.Kom/dokpri
Sambutan oleh Dosen pembimbing Aulia Ikhsan, S.Kom., M.Kom/dokpri

Sambutan oleh pimpinan Pondok Pesantren Ahmad Nurul Anwar, S.Kom., M.Kom/dokpri
Sambutan oleh pimpinan Pondok Pesantren Ahmad Nurul Anwar, S.Kom., M.Kom/dokpri

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan di Pondok Pesantren Nafidatunnajah diikuti Santriawan & Santriwati dari kelas 3 SMK sebanyak 20 murid, dengan topik pembahasan dan penjelasan materi tentang Pengertian Jaringan Komputer, Jenis-Jenis jaringan Komputer, Pengertian Local Area Network (LAN), Dampak positif dan negatif jaringan Internet pada Komputer, Macam-macam susunan kabel Straight dan Cross, dan dilanjutkan dengan praktik membuat kabel jaringan (LAN). Acara tersebut berjalan dengan hikmat, Santriawan & Santriwati menyimak dengan sangat baik dan memahami apa yang disampaikan oleh moderator dan para pembaca materi. 

Tujuan dari materi yang kita sampaikan agar Siswa/Siswi memahami mengenai konsep dasar dan juga pengetahuan umum dari jaringan komputer. Seperti sejarah jaringan komputer hingga bagaimana jaringan komputer bisa sangat bermanfaat dan juga banyak digunakan di seluruh dunia.

Tidak sampai disitu saja, kami juga membimbing adik-adik Santriawan & Santriwati untuk melakukan praktik membuat kabel jaringan LAN (Local Area Network) yaitu kabel Straight dan kabel Cross. Terlebih dahulu kita perkenalkan dengan alat-alat apa saja yang kita butuhkan dalam membuat kabel jaringan LAN seperti kabel UTP, Konektor RJ45, LAN Tester, dan Tang Crimping. 

Setelah itu, kita lakukan pembagian kelompok dari 20 siswa kita bagi menjadi 4 kelompok. Terdapat 5 orang siswa di dalam setiap kelompok tersebut, kemudian langsung memulai praktik membuat kabel jaringan LAN dengan bimbingan kakak-kakak Mahasiswa di setiap kelompoknya, kemudian praktik menjadi semakin seru karena diadakannya Games bahwasannya apabila ada salah satu siswa di salah satu kelompok yang berhasil membuat susunan kabel Straight/Cross dengan cepat dan sempurna, maka akan mendapatkan 1 bingkisan hadiah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan