Mohon tunggu...
muhamad ramadani
muhamad ramadani Mohon Tunggu... Penulis Rebahan

Tukang rebahan yang menuangkan tulisan melalui keresahan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sejarah Komputer Sejak Awal Kemunculan dan Perkembangannya

20 Februari 2020   23:30 Diperbarui: 20 Februari 2020   23:31 1638 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Komputer Sejak Awal Kemunculan dan Perkembangannya
spectrumnetdesigns.com

Jika membahas tentang sejarah komputer tentunya hal itu memiliki banyak makna karena hingga saat ini komputer menjadi salah satu benda yang paling digunakan. Pada era kemajuan teknologi seperti saat ini, komputer menjadi sarana untuk membantu pekerjaan dan kebutuhan seseorang. Maka tidak mengherankan jika banyak yang beranggapan bahwa komputer akan berperan penting di masa depan.

Namun sebelum jauh membahas mengenai perkembangan dari komputer hingga saat ini, Anda tentunya harus mengetahui tentang bagaimana sejarah dari komputer ini. Di mana dari awal kemunculan serta perkembangannya yang meningkat hingga di olah lebih baik lagi. Berikut ini terdapat penjelasannya yang wajib Anda ketahui.

Sejarah Komputer

Dari zaman dahulu hingga sekarang ini teknologi merupakan sebuah hal yang terus dikembangkan oleh manusia. Seiring dengan berkembangnya zaman dan bertambahnya pola pikir, manusia berlomba-lomba untuk mengembangkan adanya teknologi untuk menyongsong masa depan. Seperti halnya komputer. Komputer sendiri merupakan salah satu alat yang dapat mengolah data dan juga menjalankan program.

Komputer sendiri pada zaman dahulu lebih dikenal dengan mesin hitung dan dapat mengelola data dengan baik. Dikarenakan komputer bisa menyimpan data atau menerima sebuah input hingga membuat output yang dapat dilihat. Komputer sendiri pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Charles Babbage. Sejak ditemukannya komputer, popularitas mesin ini selalu berkembang dengan baik.

Dapat dibilang sejarah komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1945. Di mana kala itu manusia membutuhkan alat untuk mengolah dan menghitung data serta menyimpan data tersebut dengan baik. Hasil komputer telah dikembangkan dari tahap ke tahap dan memiliki waktu yang tidak sedikit. Pada saat itu penggunaan komputer hanya bisa digunakan oleh beberapa orang atau tidak banyak orang yang bisa.

Generasi Komputer

Generasi pertama pada sejarah komputer terjadi pada tahun 1946 sampai 1959. Pada generasi awal ini mesin komputer masih berukuran besar dan memiliki electronic numerical integrator and calkulator. Komputer generasi pertama ini memang menyita banyak ruang karena peralatannya yang besar. Kemudian generasi kedua hadir pada tahun 1959 sampai 1964.

Di mana dalam hal ini terdapat perubahan serta perkembangan yang signifikan dari komputer. Meskipun dalam bentuk fisiknya belum bisa dibilang minimalis, namun pada generasi kedua ini telah didukung oleh beberapa program yang lebih mudah untuk dioperasikan. Halo generasi ketiga muncul pada tahun 1964 sampai 1970-an. Dalam generasi ini komputer telah menunjukkan perkembangan dan perubahan.

Ciri dari komputer generasi ketiga ini memiliki teknologi integrated circuit yang dapat digunakan hingga sekarang. Sedangkan komputer generasi keempat hadir pada Tahun 1979 sampai tahun 2000-an. Hingga sekarang ini sejarah komputer telah menginjak generasi kelima dimana semua sistem serta program dikembangkan lebih baik lagi. Atau bisa dikatakan gabungan dari beberapa generasi.

Perkembangan Komputer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN