Mohon tunggu...
rama azaria
rama azaria Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

manusia yang pengen sahabatan sama dunia dan akhirat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Serunya "Tahun Baruan" di Masjid

1 Januari 2023   15:21 Diperbarui: 1 Januari 2023   15:48 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
suasana di depan Masjid Ulil Albab sebelum pembukaan UII Promnight/dokpri

Biasanya momen pergantian tahun tidak jauh dari yang namanya kumpul-kumpul, kemudian bakar-bakar, dan kembang api. Keluarga dengan kerabat dekat, muda-mudi bercengkrama bernyanyi bersama, hingga anak-anak berlarian sambil memegang kembang api. 

Tak ayal semua segmen generasi bersuka cita menunggu detik-detik pergantian tahun. Melepaskan semua yang telah berlalu di tahun sebelumnya dan menjemput harapan untuk tahun yang akan datang. 

Diluar sana, hamparan rumput yang luas berubah menjadi lautan manusia yang beruforia bersama dalam kebahagiaan dan keseruan selagi menunggu jarum jam tepat di angka 12 malam. Namun lain cerita jika kita menyambut tahun baru di Masjid.

"Seru banget!" ucap salah satu peserta yang mengikuti event UII Promnight. Acara yang diselenggarakan di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia pada tanggal 31 Desember 2022 ini jelas memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat lain. Tak kalah dari hiruk pikuk di lapangan atau disepanjang jalan, di masjid ini pun dipenuhi dengan para muda-mudi yang tak ingin tahun 2022 berlalu begitu saja. Acara dimulai dari 19.30 dan selesai sekitar jam 22.30.

Kurang lebih 1000 peserta yang terdaftar ikut memeriahkan acara tersebut. Gelak tawa, senda gurau, bahkan hingga isak tangis mengisi suasana pada malam itu. Memang konsep dasar acara ini adalah kajian tapi dengan pembawaan yang lebih seru dan luwes jika dibandingkan dengan kajian biasa. MC dengan pembawaan yang humoris dan pemateri yang tidak ketinggalan trend.

Materi-materi yang dibahas pun disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik perhatian anak muda. Mulai dari tentang cinta, resolusi, hingga kasih sayang orang tua. Semua dikemas dengan begitu menarik , seperti adanya live music disela-sela acara, penayangan video, bahkan dihadirkannya ibu salah satu pemateri di depan panggung. Ada 3 pemateri yang hadir pada malam itu. Beliau adalah Ustadz Buya Bayu, Ustadz Baba Feylian dan Kang Cahyo.

photoboot yang disediakan panitia/dokpri
photoboot yang disediakan panitia/dokpri

Paniti penyelenggara dari marbot Masjid Ulil Albab dan juga Real Masjid juga menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang kesuksesan acara tersebut. Mulai dari konsumsi berupa jajanan, pop corn, dan cokelat hangat. 

Tak hanya itu ada merchandise berupa stiker, buku wirid, hingga flashdisk yang diberikan secara gratis. Banyak photoboot yang juga sudah disiapkan untuk mengabadikan momen disana bersama teman-teman. Hingga acara selesai pun bagi para peserta yang ingin melanjutkan I'tikaf juga disediakan tempat dan kebutuhannya hingga esok pagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun