Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser, buzzer

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Ngopi Pintar ala Coffee Shop di Rumah

18 Mei 2017   15:59 Diperbarui: 19 Mei 2017   06:47 121 1 1
Ngopi Pintar ala Coffee Shop di Rumah
Deskripsi : Ngopi Pintar I Sumber Foto : Dolce Gusto - Andri M

Air panas yang bercampur kopi mengalir dari sebuah mesin kopi bertehnologi tinggi. Nescafe Dolce Gusto Piccolo nama dari mesin tersebut. Imut,lucu sekaligus canggih. Mungkin tidak banyak di komplek daku yang memiliki mesin kopi ini. Kayaknya bakal buat ngajak tetangga nyeruput kopi bareng. Mesin ini daku dapatkan pada saat launching mesin kopi imut ini. Daku sebagai pecinta nyeruput kopi tengah malam akhirnya membawa pulang aja si penguin Piccolo untuk menemani tengah malam saat otak yang menerawang menembus alam literasi.

Awalnya daku sebelum menghadiri launcing mengira gadget ini merupakan mesin kopi ala barista yang memiliki beberapa tuas dan rada ribet menoperasikannya. Ternyata begitu mudah dan  tidak menghilangkan sensasi menyeduh kopi ala barista. Kenapa daku sebut gadget ??? .... Karena mesin kopi ini tidak hanya tempat menuang air lalu dipanaskan dan menghasilkan air panas kemudian menyimpannya dimana suatu saat air itu digunakan untuk meyeduh kopi. Kalau hanya … GITO DOANG …  beli saja sebuah kompor gas, panci dan thermos.

Tidak semua urban people mengerti seperti apa kopi yang berkualitas tetapi lebih pada kebutuhan berbagai macam varian kopi ala café premium / coffee shop premium. Tetapi saat ini bergaul tidak harus di coffee shop, menurut daku bisa dimana saja & kapan saja. Tidak hanya itu saja pecinta kopi juga butuh yang cepat dan praktis karena traffic jam di kota-kota besar membuat pusing kepala. Selain itu yang patut tidak dilupakan bahwa tetep saja modern urban butuh sebuah kemewahan yang dapat dikonsumsi sehari-hari seperti coffee shop ternama.

Deskripsi : Tuas Dikepala Mesin Kopi I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Tuas Dikepala Mesin Kopi I Sumber Foto : Andri M
Mesin kopi Nescafe Dulco Gusto Piccolo sepertinya memang menyasar urban people.. Mesin kopi sekaligus gadget ini memiliki tehnologi menyeduh kopi yang simpel, seni menyeduh dan terintegrasi dengan aplikasi. Menyeduh kopi yang simpel daku artikan Bahwa Piccolo bila dibandingkan dengan penggunaan alat - alat penyenduh kopi ala barista lebih simpel. Seni menyeduh yaitu memiliki rasa / feeling kapan waktu pemanasan didihan air dan sensasi menyentuh tuas yang dapat digerakkan sebagai pilihan menghasilkan air panas atau dingin. Adapun terintegrasi dengan aplikasi yakni untuk mengatur waktu / timer pemanasaan air dan release cairan kopi menggunakan aplikasi mobile yaitu ; Dulco Gusto Meter.

Deskripsi : Pendaftaran Online NDG Member I Screenshoot Halaman Resmi NDG
Deskripsi : Pendaftaran Online NDG Member I Screenshoot Halaman Resmi NDG

Ternyata tidak hanya itu saja, mesin kopi ini juga menyediakan tempat bernaung bagi para pengguna Nescafe Dolce Gusto Piccolo yaitu Nescafe Dulco Gusto (NDG) Member. Dimana para pemilik mesin Piccolo bisa mendaftarka diri di https://www.dolce-gusto.co.id/club . Cara mendaftarkan diri sebagai anggota di website tersebut dengan mengisi data diri di form yang telah tersedia. Kemudian daftarkan mesin atau kapsul dengan upload struk pembelian dan nomor mesin. Kumpulkan poin dari setiappembelian kapsul dan tukarkan dengan rewards yang disediakan di NDG Member.

poin-591e314a1bafbd6918e32e20.jpg
poin-591e314a1bafbd6918e32e20.jpg

Deskripsi : Poin yang akan didapat terhadap pembelian produk I Sumber Foto : NDG
Deskripsi : Poin yang akan didapat terhadap pembelian produk I Sumber Foto : NDG

Apa sih keuntungannya apabila kita menjadi member !!! .... pastinya poin yang dapat ditukarkan dengan reward ada pula keterikatan antar sesama pengguna. Sama seperti pecinta hobi berkendara, memilihara hewan, gadget, dan lainnya pasti akan menyenangkan memiliki teman yang mempunyai kesamaan minat. Dengan adanya member dari sebuah gadget pasti ada waktunya kopdar. Sama seperti sebuah komunitas, member dari sebuah produk pastinya akan membentuk lingkaran-lingkaran yang berujung pertemanan dan relasi. Bisa saja menjadi hubungan bisnis dan jodoh.


Syarat Minum Kopi Kualitas Kafe Yang Bisa Kita Rasakan Di Rumah

Daku nyeduh kopi dalam sehari bisa 3 sampai dengan 4 gelas baik itu hari kerja maupun tanggal merah. Pada saat hari kerja pada pagi hari daku wajib menyeruput secangkir kopi dirumah. Sedangkan dua cangkir seduhan kopi pada saat di tempat kerja. Ketika jam menunjukkan pukul 11.00 PM daku menyeruput secangkir kopi lagi.  

Deskripsi : Mesin Kopi Pintar Dolce Gusto Piccolo I Sumber Foto : Andri M
Deskripsi : Mesin Kopi Pintar Dolce Gusto Piccolo I Sumber Foto : Andri M

Setelah membawa pulang Nescafe Dolce Gusto Piccolo, daku menyeruput kopi buatan mesin kopi ini pada saat malam hari, tidak setiap malam tetapi seminggu 2 kali. Keheningan, huruf-huruf bagaikan keluar dari kepala, sentuham jari pada keyboard membuat rasa dari kualitas kopi buatan siimut Piccolo lebih terasa.  Pada saat tersebut daku bisa merasakan perbedaan kopi dengan seduhan yang baik dengan adukan tangan sendiri.

Ada beberapa hal yang patut teman-teman ketahui untuk merasakan seduhan kopi kualitas café. Untuk Cappuccino dibuat dengan 1 shot Espresso dengan foam susu minimal 1 cm. Sedangkan Espresso sendiri, Kopi hitam yang dibuat dengan tekanan sehingga menghasilkan crema.  Agarkopi menghasilkan rasa & aroma yang diinginkan  harus diproses dengan temperature tertentu berkisar 92 - 96° C. Berkreasi pada topping dengan latte art, tetapi memang dibutuhkan latihan untuk menciptakan latte artdalam secangkir kopi.

Beberapa hal tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan Piccolo ketika menyeduh kopi. Berdasarkan manual book mesin tertera Piccolo dapat menghasilkan panas dikisaran 93 - 96° C. Selain itu sang Pinguin memiliki tekanan professional maksimum 15 bar untuk menciptakan cremadan foamyang sempurna. Bahkan menggunakan SMART capsules yang Menjaga aroma  dan kualitas kopi dan berfungsi pula mengatur tekanan yang tepat untuk setiap jenis minuman.


Capsul Pintar Membuat Ngopi Makin Pintar

Dunia saat ini terintegrasi dengan tehnologidan ilmu pengetahuan. Banyak rumor dan mitos yang berkembang menyangkut bagaimana menghasilkan secangkir kopi dengan cita rasa yang berkualitas. NESCAFE Dolce Gusto untuk menjaga aroma dari biji kopi terbaik dunia mengemas biji kopi di dalam kapsul kedap udara. Tehnologi pintar ini berfungsi untuk menentukan tekanan yang tepat untuk setiap jenis minuman. Sehingga memungkinkan para penikmat kopi dapat memilih berbagai macam minuman Espresso yang kuat, Cappucinno yang lembut, Grande yang aromatik, Coklat yang nikmat dan teh yang harum.

Deskripsi : Kapsul pintar Dolce Gusto I Sumber Foto ;Andri M
Deskripsi : Kapsul pintar Dolce Gusto I Sumber Foto ;Andri M

Untuk segelas Espresso di coffee shop ternama kita bisa merogoh kocek sebesar 30.000 rupiah sedangkan Nescafe Dulco Gusto dengan kualitas yang sama cukup dengan 7.500 rupiah. Bila kita beralih ke menu yang lain misal Latte Machiatto kita mengeluarkan uang dari dompet sebesar 45.000 rupiah namun bila kita menggunakan kapsul pintar ini cukup dengan 15.000 rupiah.

Pada saat mencoba membeli di indomaret dan alfamaret  didaerah daku di Cikeas Udik ternyata kapsul pintar ini belum tersedia. Maklum daerah udik ketersediaan kapsul ini akan sulit didapatkan apakah itu mini market (Afamart, alfamidi, indomaret, dll) maupun hipermart. Tetapi daku nggak habis pikir dwonk.

Walaupun tempat tinggal daku tergolong jauh dari store yang menjual Kapsul pintar ini, ternyata sangat mudah didapat di online market place seperti Lazada, Tokopedia dan OLX. Jadi daku tidak perlu pusing atau berfikir panjang untuk menuju Ibu Kota yang terkenal dengan kemacetannya / traffic jam.

Apabila teman-teman ingin membeli dalam jumlah yang banyak dapat membeli di Lazada. Di market place berhuruf depan L ini dijual perpaket 3 Box dengan harga Rp.329.900 / 3 Box dimana 1 (satu) box terdiri dari 16 kapsul pintar. Bila teman-teman ingin beli 1 box bisa didapatkan di OLX. Bahkan di olx teman-teman bisa mendapatkan harga lebih murah karena acapkali ada yang sedang butuh uang (BU).


Bagaimanakah Merawat Coffe Maker

Apabila kita sudah rutin menggunakan coffe maker dalam membuat secangkir kopi,maka haruslah dilakukan perawatan. Mesin kopi yang baik tentu akan menghasilkan segelas kopi yang baik pula. Perawatan mesin kopi juga dapat mempengaruhi cita rasa kopi.

Sama seperti mesin lainnya pada saat penggunaan pertama dan perawatan ada prosedur yang harus dilakukan. Untuk Nescafe Dolce Gusto bisa melihat gambar dibawah ini yang berasal dari manual Book

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Terbilang cukup mudah untuk melakukan perawatan terhadap Piccolo. Yang terpenting dalam perawatan sebuah mesin adalah mengikuti aturan yang terdapat manual book.

----ooo000ooo----

Oke guys ini hasil review daku dari self experience menggunakan mesin kopi yang punya nama Nescafe Dolce Gusto Piccolo. …..Blogger ya begini dwonk jangan smartphone doang yang direview……. #DikeroyokRame2xDah

Semoga bermanfaat dan bagi yang ingin mencoba rasa kopi dari mesin kopi ini bisa mampir ke rumah daku di cikeas udik …. He..he….. Jangan diserbu satu kompi yaks ya pren….

Kalau kebawa mimpi jangan salahin daku, bisa cari di Online Market Place kayak Lazada, Tokopedia, OLX dan lainnya. Harganya masih dikisaran 1.3 s/d 1,5 jutaan. Pinter-pinter aja cari yang ada diskonan di Lazada atau jual butuh di jam 11 malam …#KataKunciTuh….



Salam Hangat Blogger Cikeas – Andri Mastiyanto ---

Twitter : @AndrieGan , Instagram : @andrie_gan

Blog : https://www.kompasiana.com/rakyatjelata