Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Kompasianer Of the Year 2022, 61 x Prestasi Menulis, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Filosofi Ikigai Membuat Fellexandro Ruby Jadi Blogger

2 Maret 2023   06:48 Diperbarui: 2 Maret 2023   09:34 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruby perjalanan karirnya di acara penganugerahan lomba foto dan pewarta Astra 2022 | Sumber Foto : dokpri

Staff kantoran jadi blogger, itu yang terjadi dengan Juri Pewarta Astra 2022, Fellexandro Ruby. Ia bercerita saat sessi talk show Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2022 (28/2/2023) bahwa dirinya selama 5 tahun pertama berkarir sebagai karyawan kantoran. Setelahnya memiliki karir di dunia fotografi, penulis, content creator dan pengusaha.

Ruby menambahkan ceritanya, dari sepanjang karirnya selama 13 tahun dari 2007 sampai dengan 2020, ia sudah bereksperimen dengan 9 hal yang berbeda. Salah-satunya Ia bereksperimen dari karyawan kantoran menjadi blogger.

Kenapa dia melakukan itu ? dirinya percaya pada akhirnya salah-satu misi dalam hidup nya ingin menjadi manusia lebih baik-lebih baik lagi. Ia berseloroh " versi terbaik saya apa ?, saya nggak tau, karena kita lahir tidak pakai manual book" ucapnya.

Kemudian ia menemukan sebuah cara, Ruby menggunakan framework yang namanya Ikigai. Filosofi ini adalah konsep dari negara matahari terbit Jepang yang berarti "alasan keberadaan".

_

Apa itu Ikigai ?

Kata "ikigai" sering kali digunakan untuk menunjukkan sumber nilai dalam hidup seseorang atau hal-hal yang membuat hidup dari seseorang menjadi lebih berharga.

Filosofi ikigai ini diterapkan oleh Ruby dengan menanyakan pada diri "apa yang kita suka ?, apa yang kita jago ?, apa yang dunia butuh ?, dan apa yang dunia bisa kasih reward ? (Mungkin dalam bentuk uang buat hidup atau apapun)". Ia memperjelas, bahwa dirinya dari 4 pertanyaan itu dia coba cari irisannya sebanyak mungkin.

Diagram Filosofi Ikigai I Sumber Foto : djkn.kemenkeu.go.id
Diagram Filosofi Ikigai I Sumber Foto : djkn.kemenkeu.go.id

Apa yang Ruby tanyakan dalam diri sesuai dengan budaya Jepang, bahwa ikigai seseorang terletak di tengah empat lingkaran yang saling berhubungan, yaitu Misi (Apa yang kamu suka), Pekerjaan (Apa yang dibutuhkan dunia), Profesi (Apa yang Anda bisa dibayar?) dan Gairah (Apa yang Anda kuasai ?)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun