Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Kompasianer Of the Year 2022, 60 x Prestasi Menulis, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Fitur Laporkan Ternyata Ada di Kompasiana Tidak Hanya di YouTube

7 Desember 2022   12:57 Diperbarui: 8 Desember 2022   15:49 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi lapor akun (Sumber: Kompas.com via Pexels.com fotografer Mikhail Nilov)

Pernahkah Anda melaporkan sebuah user akun platform? Kalau daku sih pernah. Akun YouTube yang daku laporkan karena melakukan plagiat narasi artikel Kompasiana pada video yang dia upload.

Sebetulnya sih daku oke-oke saja artikel dipakai, asal! memberikan link artikel Kompasiana yg digunakan dan memberikan kredit penulisnya.

Fitur laporkan ternyata tidak hanya YouTube saja yang menyediakan, Instagram, Facebook dan Twitter pun memiliki fitur laporkan 

Nah, ternyata Kompasiana pun miliki fitur laporkan. Tentu adanya fitur ini karena sebab yaitu pemalsuan akun, peretasan akun, spamming, perjudian, pornografi, sadisme, konten narasi dapat digunakan untuk menyebar hoax, penggiringan opini, menyebarkan kebencian, fitnah, bullying, dan lain sebagainya.

Suhu politik memulai memanas, saling sindir, saling sikut, saling nyinyir bergentayangan di beranda sosial media. Beda pandangan politik membuat para kaki tangan oknum melakukan aksi memecah belah.

Parahnya, penggiringan opini sengaja dibuat dan cenderung dengan gambar/picture, video, dan narasi yang sama. Bahkan ada yang membuat berita hoax demi menghancurkan citra lawan politik.

Tersedia fitur Laporkan di Kompasiana I Sumber Foto : Kompasiana
Tersedia fitur Laporkan di Kompasiana I Sumber Foto : Kompasiana

Daku inget banget, ketika tahun pemilihan Presiden 2014, 2019 dan pemilihan Gubernur DKI Jakarta Anies vs Ahok, perang narasi terjadi termasuk di Kompasiana.

Untungnya daku tidak ikutan walaupun punya pilihan politik sendiri dan memilih di dalam kotak pemilihan calon Gubernur DKI dan Presiden nyoblosnya merem.....xi...xi....

Fake news I Sumber Foto : Canva Pro
Fake news I Sumber Foto : Canva Pro

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun