Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Kompasianer Of the Year 2022, 60 x Prestasi Menulis, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Ini Dia Cara Take Down Predator Artikel Kompasiana di Youtube

19 November 2022   07:02 Diperbarui: 19 November 2022   07:06 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Youtube I Sumber Foto: Canva Pro

Predator, sebuah kata apabila didengar begitu menakutkan. Kata ini bila mengacu pada KBBI memiliki arti hewan pemakan hewan lain. Bisa dikatakan predator itu hewan pemangsa.

Kata predator daku gunakan untuk para pemangsa artikel Kompasiana tanpa izin dan digunakan untuk kepentingan sang pencuri. Bisa jadi kepentingan itu berupa keuntungan finansial, menambah jumlah upload video agar akun nya bisa di monetize, memperbanyak blogpost dan lainnya sebagainya. 

Kejadian sang predator memangsa artikel Kompasiana ku terjadi ketika daku menerima whatsapp dari seseorang teman di RSKO Jakarta. Dirinya merupakan seseorang yang senang membaca dan menonton informasi mengenai militer. Berbagai isu militer ia senang melahap nya. 

15 November 2022, daku menerima whatsapp itu yang berisi video youtube mengenai alutsista yang mampu membunuh drone. Awalnya daku tidak menaruh curiga. 

IG Story yang mention channel youtube Nyaris terkenal mengingatkan kekeliruannya I Sumber Foto: Instastory @andrie_gan
IG Story yang mention channel youtube Nyaris terkenal mengingatkan kekeliruannya I Sumber Foto: Instastory @andrie_gan

Tapi saat menonton video youtube tersebut dan mendengarkan narasinya, sepertinya daku mengenali kata demi kata dari narasi itu. Judul video YouTube nya "ALUTSISTA BUATAN PT PINDAD INDONESIA INI MAMPU HANCURKAN DRONE KAMIKAZE"

Terkagetlah diri daku, bahwa narasi itu berasal dari artikel Kompasiana yang daku buat pada 14 november 2022 yang berjudul "Panser Badak, Produk Pindad Pembunuh Drone Bunuh Diri" artikelnya bisa dibaca ( DI SINI ). 

Apalagi ada istilah yang daku buat sendiri didalam badan artikel khusus untuk artikel tersebut yaitu Killer Eye in The Sky. Ternyata predator ini mencatut 100 persen apa yang ada di artikel. Bahkan deskripsinya merupakan copy paste dari artikel, sadisnya tidak ada credit bagi pemilik artikel dan link artikel tidak disebutkan.

Daku pun mencari tau akun Youtube dari predator artikel ini. Predator ini menggunakan akun Youtube "Nyaris Terkenal" dan hampir seluruh videonya membahas informasi militer. Nyaris Terkenal ternyata telah mampu mengumpulkan 275 ribu subscriber.

Bila melihat sejarah, kejadian artikel daku yang telah dimangsa predator youtube tidak hanya kali ini saja, sebelumnya ada 2 (dua) blogpost, itu pun yang daku ketahui. Dalam pikiran daku malah mungkin puluhan artikel yang dicomot untuk di upload di Youtube atau website tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun