Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

59 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

Pengalaman Si Mata Malas Menggunakan Layanan Goride dan Gofood, Bikin Nagih

2 Oktober 2022   08:20 Diperbarui: 8 Oktober 2022   06:46 403 23 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Goride dan Gofood layanan dari Gojek yang dapat membantu penderita mata malas I Sumber foto : dokumen pribadi

Pernah pakai aplikasi Gojek ? kalau saya yang ditanya ya jawabnya sudah bertahun-tahun. Saya merupakan pelanggan setia dari aplikasi Gojek, tapi bukan tanpa sebab.

Ada sebuah alasan, karena saya memiliki keunikan (disability) mata malas (Amblyopia) pada kedua mata sehingga dapat membahayakan ketika mengendarai kendaraan.

Itu kenapa saya setia menggunakan Goride dan Gofood, sedangkan menggunakan Gocar saat sedang hujan atau membawa keluarga pergi ke suatu tempat.

Mata malas itu bukan panggilan untuk orang yang pelor atau nempel molor, tapi mata malas adalah gangguan penglihatan pada salah satu mata karena otak dan mata tidak terhubung dengan baik.

Akibatnya, daya penglihatan pada salah satu mata akan menurun sedangkan mata lainnya dapat melihat dengan jelas. Mata malas berbeda dengan juling, tapi mata malas dapat menimbulkan juling.

Akibatnya, otak hanya akan menerjemahkan sinyal penglihatan dari mata yang baik dan mengabaikan penglihatan dari mata yang mengalami gangguan (mata malas).

Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, penyakit ini dapat menyerang kedua belah mata. Kasus ini terjadi pada saya, dimana kedua belah mata saya bergantian / bertukaran mengalami mata malas tergantung dari perintah otomatis dari otak.

Saya memiliki segudang pengalaman menarik pesan ojek online melalui Gojek. Pertama kali saya menggunakan aplikasi Gojek ketika layanan Goride sudah tersedia di wilayah Cikeas Udik, Gunung Puteri, Bogor, sepertinya di tahun 2017.

Saat menunggu angkutan umum, Mata malas membuat saya hanya dapat melihat jelas dengan satu mata saja I Sumber Foto : dokpri
Saat menunggu angkutan umum, Mata malas membuat saya hanya dapat melihat jelas dengan satu mata saja I Sumber Foto : dokpri

Sebelumnya untuk mendapatkan layanan transportasi umum dan ojek, saya harus berjalan kaki dari rumah di Cikeas Udik menuju Wanaherang, Kabupaten Bogor yang berjarak 1,2 km.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan