Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Kompasianers Of the Year 2022, 59 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Anjangsana Purwakarta, Membuat Traveler Pecinta Sejarah dan Budaya Melongo

25 September 2022   16:58 Diperbarui: 2 Oktober 2022   18:27 1249 40 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Traveler menikmati Museum di Purwakarta yang sudah didesain secara modern I Sumber Foto: Dokumentasi pribadi

Geliat travelling (trip) mulai daku rasakan lagi. Beberapa komunitas travelling berbondong-bondong menyelenggarakan trip ke berbagai daerah dan negara, termasuk Komunitas Traveler Kompasiana (KOTEKA)

Selama pandemi KOTEKA yang daku (saya) tahu hanya menyelenggarakan kegiatan online Zoom Meeting yang menghadirkan traveler luar negeri dan Kedutaan Besar diberbagai negara.

Alhamdulillah-nya, sudah 2 (dua) kali dalam sebulan terakhir ini KOTEKA menyelenggakan walking tour yaitu ke Kawasan Kota Tua dan Tiga Museum Kemerdekaan di sekitar Menteng, Jakarta. 

Tujuan berikutnya, Purwakarta, sebuah daerah yang memiliki kemiripan nama dengan Purwokerto. Walaupun memiliki kemiripan nama tetapi secara dialek dan budaya amat berbeda. Purwakarta berdialek dan berbudaya Sunda sedangkan Purwokerto berdialek dan berbudaya Jawa.

Daerah tujuan KOTEKA trip kali ini adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kota Kabupaten Purwakarta terletak di Kecamatan Purwakarta dan berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara Jakarta. Terbilang tidak jauh dari ibu kota dan kota-kota penyangganya seperti Depok, Bekasi, Karawang, Bogor, dan Cikarang

Kami dari Komunitas Traveler Kompasiana dengan nick name KOTEKA berkesempatan anjangsana ke Kabupaten Purwakarta. Sabtu, 24 September 2022. Sekitar 15 (lima belas) orang dari KOTEKA menjejak ke Purwakarta ditemani saudara kami Warga Kota (Warga Kompasianers Purwakarta).

Traveler Kompasiana disambut Bapak Acep Yulimulya, Kabid Pariwisata dan Ekraf, Kabupaten Purwakarta I Sumber foto : Diaspora Purwakarta
Traveler Kompasiana disambut Bapak Acep Yulimulya, Kabid Pariwisata dan Ekraf, Kabupaten Purwakarta I Sumber foto : Diaspora Purwakarta

Sebuah kehormatan bagi kami traveler KOTEKA sebelum keliling Kabupaten Purwakarta disambut langsung oleh Acep Yulimulya, (Kabid Pariwisata dan Ekraf) di gedung Disporparbud, Purwakarta, Jawa Barat.

Pak Acep, terlihat senang dan bahagia dengan kehadiran kami para traveler, karena sejak Pandemi Covid-19 dimana sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta sempat terpuruk.

Pengharapan Pak Acep dengan kehadiran kami agar para traveler KOTEKA dapat meramaikan kembali jagat dunia maya dan dunia nyata serta dapat mengembalikan kembali semangat para pelaku sektor pariwisata, Kabupaten Purwakarta, karena pada tanggal 27 September 2022 merupakan world torism day.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan