Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

57 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Jejak Langkah Kompasianers, Napak Tilas Kemerdekaan di Daerah Menteng

14 Agustus 2022   20:40 Diperbarui: 15 Agustus 2022   00:03 454 35 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Museum Naskah Proklamasi/Dokumentasi pribadi

Daku dan beberapa kompasianers siang bolong berada di daerah Menteng yang dahulu merupakan kawasan hunian elit Hindia Belanda.

Bukan sebuah kebetulan, kali ini daku dan kompasianers lainnya ikutan walking tour 14 Agustus 2022 yang diadakan oleh Komunitas Traveler Kompasiana (KOTEKA) dan Wisata Kreatif Jakarta. Buat daku ini bagaikan reuni, sebelum reuni akbar di acaranya Opa Tjip.

Kenapa di Menteng? Karena di sana ada Museum Juang 45, Museum Naskah Proklamasi dan Monumen Proklamasi.

Bila kita tarik mundur ke belakang dan membaca di Wikipedia, historisnya Menteng merupakan perumahan villa pertama di kota Jakarta (dulu Batavia), yang dikembangkan antara tahun 1910 dan 1918.

Proyek Menteng ini dahulu dinamakan Nieuw Gondangdia yang menempati lahan seluas 73 ha. Batas selatannya adalah Banjir Kanal Barat yang selesai dibangun 1919.

Rancangan kawasan Menteng dari Mooijen kemudian dimodifikasi oleh F.J. Kubatz dengan mengubah tata jalan dan penambahan taman-taman hingga mencapai bentuk yang tetap antara 1920-an dan 1930-an.

Tentunya buat daku, walking tour ini membuat daku sebagai penjelajah waktu di mana dahulu kala, Ir. Soekarno dan Bung Hatta tinggal di kawasan ini dan memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia.

Daku melihat ke kanan dan ke kiri ternyata kawasan Menteng masih amat terawat dan masih menjadi kawasan elit. Tapi suasananya sudah amat berubah.

Ketika daku menyaksikan video Youtube, dahulu rumah-rumah tidak berpagar seperti yang kita tonton rumah-rumah di film Hollywood, namun saat ini setiap rumah berpagar tinggi. Mungkin dahulu konsepnya seperti rumah di Eropa, dan bisa jadi keamanan di daerah Menteng begitu aman.

Deskripsi : Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta I Sumber Foto : dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan