Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Kompasianers Of the Year 2022, 59 x Prestasi Writing Competition, Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cerita Unik di 50 Tahun RSKO Jakarta, Apakah Itu?

12 April 2022   22:44 Diperbarui: 14 April 2022   06:21 328 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
RSKO 50 Tahun memiliki cerita yang unik I Sumber Foto : Video Profil RSKO Jakarta

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta merupakan sebuah rumah sakit yang unik, berbeda dan khusus. Bahkan di Indonesia sendiri belum ada yang menyamai nya, katanya sih satu-satu nya yang bentuk pelayanan bagi penyalahguna NAPZA atau Narkoba.

Rumah sakit ini menjejak umur yang ke 50 tahun sejak berdiri tanggal 12 April 1972. Namun hingar binger ulang tahun emas ini tidak terlihat, terdengar bahkan dirasakan pada selasa, 12 April 2022 ini, kenapa ?

Selain cerita 50 tahun RSKO yang tidak dirayakan ditanggal berdirinya, ada cerita unik lainnya dari RSKO Jakarta. Yuks Cikedot monggo di scroll ;

-

RSKO Jakarta Tidak Merayakan HUT ke 50 di Hari Jadinya

RSKO Jakarta memiliki sejarah yang terbilang unik dalam merayakan hari jadinya atau hari ulang tahun (HUT) nya. Oke kita mundur ke belakang sejarah RSKO Jakarta berdiri berdasarkan buku 30 tahun RSKO Jakarta.

Rumah sakit ini digagas pendiriannya oleh Bapak H. Ali Sadikin (alm) mantan Gubernur DKI Jakarta, dr. Herman Susilo (mantan Ka. Dinkes DKI Jakarta), Prof. dr. Kusumanto Setyonegoro (mantan Ka. Ditkeswa Depkes) dan bagian Psikiatri Universitas Indonesia.

Bapak Ali sadikin memberikan instruksi pendirian Drug Dependence Unit (DDU) pada 6 November 1971. Kemudian meresmikan bangunan DDU pada tanggal 12 April 1972 di komplek RS Fatmawati.

Pada tahun 1974, DDU berubah menjadi Lembaga Ketergantungan Obat (LKO). Kemudian 1978, LKO berubah status menjadi rumah sakit tipe C menjadi Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) dibawah naungan Departemen Kesehatan RI dengan keputusan Menkes RI Nomor 138/Menkes/SK/IV/78.

Pasien pertama RSKO Jakarta berjenis kelamin perempuan dengan ketergantungan morphine yang diterima tanggal 3 Juli 1972. Tanggal ini kemudian dianggap sebagai tanggal beroperasi (berdirinya) RSKO Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan