Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 52 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Praktikkan Net-Zero Emissions, Cara Tepat Kurangi Pengeluaran Keuangan

10 Oktober 2021   09:10 Diperbarui: 10 Oktober 2021   09:12 351 30 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Net-Zero Emissions dapat mengurangi pengeluaran keuangan warga I Sumber foto : ilustrasi by design canva

Net-Zero Emissions merupakan harapan masa depan menjaga perubahan Iklim. Tetapi apakah itu disadari oleh warga Indonesia ? belum tentu semua sadar akan hal itu. Walupun ditakut-takuti 10 tahun lagi Jakarta akan tenggelam, warga lebih takut tidak bisa beli beras, minyak goreng, sayur, gadget dan smartphone edisi terbaru.

Global Risk Report 2021 mempublikasikan di World Economic Forum (WEF) akan ada 5 ancaman dalam 10 tahun kedepan yang akan dunia hadapi yaitu ; cuaca ekstrim, kegagalan aksi iklim, kerusakan lingkungan oleh manusia, penyakit menular dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Bila Net-Zero Emissions dihubungkan dengan pengeluaran keuangan pribadi atau rumah tangga, mungkin warga akan tergerak untuk terlibat. 

Dampak dari perubahan iklim berpa pemanasan global belum banyak yang mereka pahami seperti apa bentuknya, untuk itu kenapa masih sedikit warga yang terlibat. Indonesia merupkan negara tropis, masyarakat sudah terbiasa dengan terik matahari, jadi panas merupakan kewajaran.

Aktivis lingkungan telah ramai mendengungkan isu Net-Zero Emissions (NZE) sejak 2008. Bagi para aktivis, ini merupakan expected future milestone (harapan masa depan) dimana emisi karbon sepenuhnya diserap oleh bumi melalui berbagai kegiatan manusia dan bantuan teknologi, sehingga tidak menimbulkan pemanasan global. 

Apa itu Net Zero Emissions ?

Net zero emissions atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia itu nol-bersih emisi bukan berarti umat manusia sudah tidak lagi memproduksi emisi atau nol emisi. 

Manusia tidak bisa lepas secara alamiah memproduksi emisi. Bayangkan saja Manusia itu bernapas menghasilkan karbon dioksida (CO2), jadi memang tidak benar-benar nol. 

Net Carbon  FootprintI Sumber Foto : ruangenergi.com
Net Carbon  FootprintI Sumber Foto : ruangenergi.com

Artinya nol-bersih emisi (Net-Zero Emissions) adalah emisi yang diproduksi manusia (tubuhnya sendiri dan benda yang dibuatnya) yang dapat diserap sepenuhnya dan dikurangi produksinya sehingga tidak berdampak pada perubahan iklim. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan