Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Abdi Negara

Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 51 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Goa Buniayu: Destinasi Wisata Goa 50 Meter di Bawah Tanah

15 Agustus 2021   06:37 Diperbarui: 15 Agustus 2021   20:22 519 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Goa Buniayu: Destinasi Wisata Goa 50 Meter di Bawah Tanah
Foto: Dokumentasi pribadi

Membuka lembar kenangan masa lalu. Entah kenapa daku baru terpanggil untuk mencatatkan travelling yang paling berkesan yakni adventure ke Goa Buni Ayu tahun 2014.

Daku adventure ke Gua Buniayu mengikuti sebuah open trip tetapi daku janjian dengan teman-teman backpacker tas kresek. Tahun 2014 daku traveling kesana dan memberi kesan yang mendalam. Bagi kalian yang bingung ingin kesana dan hanya kurang dari 5 orang sebaiknya mengikuti open trip saja.

Wisata pantai, hutan, air terjun, pulau, kota dan pegunungan sudah sering daku kunjungi, tetapi wisata dengan tingkat paling menantang ialah menelusuri goa bawah tanah.

Keadaan goa bawah tanah BuniAyu I Sumber Foto: dokpri
Keadaan goa bawah tanah BuniAyu I Sumber Foto: dokpri

Saat daku menjelajahi goa dan kawasannya daku dapat beragam keindahan dan tantangan alam bawah tanah dan atas tanah. Misalnya menikmati stalagtit, stalagmite, sungai bawah tanah, kegelapan abadi, lumpur dan bermacam macam hewan yang hidup didalam goa.

Goa Buniayu berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi wisata ini dapat menjadi pilihan warga kota Jabodetabek karena jaraknya yang terjangkau. Membutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 jam perjalanan dari pusat kota Jakarta menuju ke lokasi ini.

Goa Buniayu dikenal oleh warga lokal sebagai Goa Cipicung karena memang lokasi goa ini berada di wilayah Cipicung. Tetapi warga sekitar ada yang menyebutnya sebagai Goa Siluman.

Terdapat operator swasta yang secara profesional mengelola wisata goa ini, tapi memang perlu jasa open trip bila ingin menikmati destinasi wisata dari jabodetabek atau daerah lain. 

Terdapat beberapa goa di kawasan  Goa Buniayu di antaranya Goa Cipicung (panjang 3.300 meter), Goa Bibijilan (panjang 717 meter), Goa Adni (panjang 635 meter), Goa Nyangkut (panjang 390 meter), Kubang Lanang (panjang 302 meter), Goa Tanpa Nama (panjang 400 meter), Goa Karsim, Goa Bisoro, Goa Idin, Goa Gede, dan Goa Kole.

Dari sekian banyak goa yang terdapat di kawasan Buniayu tersebut, Goa Cipucung dan Goa Bibijilan yang ditawarkan oleh open trip. Menurut pemaparan operator Goa Cipucung merupakan goa terpanjang dan memiliki keindahan ornament-ornamen goa dan tantangan paling menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan