Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 50 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Blogger terpilih Writingthon 2020 email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Sukhoi "Checkmate" Su 75 Perusak Pasar Pesawat Tempur Siluman F-35

22 Juli 2021   15:11 Diperbarui: 23 Juli 2021   17:59 490 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukhoi "Checkmate" Su 75 Perusak Pasar Pesawat Tempur Siluman F-35
Sukhoi heckmate'Su 75 Perusak Pasar Pesawat Tempur Siluman F 35/dok.@andriegan

Hai-hai ! pecinta dirgantara.. kali ini pengamat militer KW sepuluh ini akan membahas sebuah pesawat tempur siluman terbaru yang bikin kaget......waaawww.....tau-tau nongol.

Tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba Rusia merilis jet tempur single engine dengan nomor registrasi 75. Banyak pemberitaan yang menyebut pesawat ini sebagai Sukhoi SU-75 karena nomer 75 yang tertulis di badan pesawat. Ada pula yang menyebut Sukhoi Su-67.

Pesawat tempur siluman Rusia terbaru ini terbilang misterius. Stealth Fighter ini dipamerkan ke publik di hari Selasa, 21 Juli 2021. Misteriusnya, kemunculannya baru diketahui sehari sebelumnya dengan adanya foto pesawat tempur yang ditutupi terpal hitam menuju hanggar. 

Sebuah bangunan dibuat khusus untuk memamerkan pesawat tempur siluman terbaru ini yang bertuliskan "Checkmate" atau skakmat. Bagi yang pernah main catur pasti paham arti skakmat yang artinya Raja musuh terkunci sehingga posisi kalah.

Akhirnya penampakannya secara lengkap dengan hadirnya sebuah Mock Up jet tempur  'Checkmate'. Pesawat ini ditunjukkan di pembukaan pameran udara MAKS-2021 di Bandara Zhukovsky, tenggara Moskow yang dihadiri langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pameran dirgantara ini berlangsung dari 20-25 Juli, dan Sputniknews adalah mitra media resminya. Tidak hanya Checkmate yang dipamerkan, pesawat siluman lainnya pun ikut terlibat yaitu Sukhoi SU-57 dan pesawat produksi Rusia lainnya seperti varian Su-27.

Rancangan Pesawat Tempur Generasi 6 Mig 41 Rusia I Sumber Foto : Militery Update
Rancangan Pesawat Tempur Generasi 6 Mig 41 Rusia I Sumber Foto : Militery Update

Bila diperhatikan Checkmate secara design begitu mirip dengan rancangan jet tempur generasi ke 6 buatan Rusia Mig-41. Pada bulan januari 2021 ramai diperbincangkan Mig-41 sebagai pesawat tempur canggih berikutnya dari Rusia. Saat itu belum terdengar kabar akan dirilisnya Sukhoi SU-75 Checkmate.

Hanya saja Mig-41 merupakan jet tempur double engine sedangkan Checkmate merupakan jet tempur single engine. Secara kecepatan digadang-gadang Mig-41 akan mampu digeber hingga 4 kali kecepatan suara.

Tentunya hadirnya Checkmate akan merusak pasar pesawat tempur generasi ke 5 single engine F-35 dan produk rusia sendiri yakni pesawat tempur generasi 4.5 multi peran Sukhoi SU-35.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN