Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 50 x Prestasi Writing Competition, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Blogger terpilih Writingthon 2020 email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Prikitew, Indonesia Menjadi Negara Paling Dermawan di Dunia 2021

20 Juni 2021   10:46 Diperbarui: 20 Juni 2021   11:01 310 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prikitew, Indonesia Menjadi Negara Paling Dermawan di Dunia 2021
Deskripsi : Indonesia Menjadi Negara Paling Dermawan di Dunia 2021 I Sumber Foto : dokpri

 "Sukses tidak melulu soal harta dan tahta, tapi tentang menebar bahagia, dan berbagi untuk membantu sesama."

Daku (saya) senang mendengar kabar bahwa Indonesia ditetapkan menjadi negara paling dermawan di dunia 2021. Wadidaw banget, ternyata orang Indonesia baik-baik, ringan tangan bagi yang membutuhkan bantuan.

Lembaga yang menunjuk Indonesia sebagai negara paling dermawan pada tahun dunia 2021 ialah Charities Aid Foundation (CAF). Ini membuat kali kedua Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia.....prikitew, luar biasaaaa...

Bila melihat data yang disuguhkan katadata.com (DI SINI), World Giving Index 2021 yang disusun CAV menunjukkan Indonesia memiliki skor 69%. 

The World Giving Index (WGI) merupakan laporan tahunan yang diterbitkan oleh Charities Aid Foundation (CAF), menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup dan memberikan peringkat lebih dari 140 negara di dunia berdasarkan seberapa dermawan mereka dalam menyumbang.

Kedermawanan orang Indonesia naik dibandingkan pada 2019 yang sebesar 59%. Terjadi peningkatan 10 %, ada kemungkinan semenjak situasi Pandemi Covid-19 orang Indonesia terangsang untuk mudah membantu.

Indonesia menempati 2 peringkat teratas dari 3 kategori atau indikator yang dijadikan ukuran oleh WGI, yakni menyumbang pada orang asing atau tidak dikenal, menyumbang uang dan kegiatan kerelawanan atau volunteer

Baca juga : Kompasianival Memiliki Andil 8 Tahun Koin untuk Pendidikan RSKO Jakarta

Hasil WGI dilakukan dengan melangsungkan wawancara sebanyak 1,6 juta orang di berbagai negara. Bila melihat dari ketiga aspek ini, Indonesia meraih poin 65 untuk memberi bantuan pada orang asing, 83 untuk donasi, dan 60 untuk keterlibatan menjadi sukarelawan. Saat dirata-ratakan total skor Indonesia diraih 69 point.

Berdasarkan hasil penelusuran CAF ternyata 8 dari 10 orang Indonesia berdonasi tahun ini. Bahkan tingkat kesukarelawanan di Indonesia tiga kali lipat dari rata-rata global. Lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain dan rata-rata global..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x