Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 45 kali winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer/blogger, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Pengalaman Meraih Mimpi Miliki Rumah Pertama Menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

2 Agustus 2020   19:20 Diperbarui: 4 Agustus 2020   21:58 211 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Meraih Mimpi Miliki Rumah Pertama Menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Deskripsi : Pengalaman Meraih Mimpi Miliki Rumah Pertama Menggunakan KPR I Sumber Foto: dokpri

Setiap manusia pastinya ingin memiliki rumah sebagai tempat tinggal bagi dirinya dan keluarga. Bagi yang belum memiliki rumah tentu memimpikan memiliki sebuah rumah. Aneh rasanya bila ada seseorang yang tidak ingin memiliki rumah sebagai tempat bernaung.

Memiliki rumah akan selalu menjadi kebutuhan dan impian setiap manusia bahkan tantangan bagi generasi milenial. Rumah merupakan kebutuhan primer manusia selain sandang dan pangan. Bagi setiap insan, rumah atau tempat tinggal merupakan prioritas untuk dimiliki.

Tidak terhindarkan harga rumah setiap tahun naik dampaknya tidak semua warga mampu memiliki rumah secara tunai seperti yang diinginkan. Untuk itu membeli sebuah rumah sebaiknya tidak menunda-menunda bila ada kesempatan usahakan untuk memilikinya walaupun dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Itu pun yang saya lakukan saat memiliki rumah pertama di tahun 2012 di daerah Cikeas Udik, kecamatan Gunung Puteri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggunakan KPR. Belum lengkap rasanya bila belum memiliki rumah walaupun itu berawal dari rumah sangat sederhana type 21.

_

Program Sejuta Rumah Upaya Pemerintah Agar Tiap Warga Punya Rumah

Ternyata pemerintah peduli terhadap warganya yang belum memiliki rumah. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan rumah rakyat, Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan Program Satu Juta Rumah pada 29 April 2015. Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi penggerak program yang diusung Presiden RI.

Program Satu Juta Rumah merupakan gerakan bersama oleh seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pengembang Perumahan, Perbankan, Perusahaan Swasta dan masyarakat untuk mengatasi backlog perumahan di Indonesia.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan mencatat perkembangan program sejuta rumah per tanggal 11 Mei 2020 yang telah mencapai angka 215.662 unit rumah.

Deskripsi : Direktur Jenderal Perumahan, kemen PUPR, Khalawi Abdul Hamid I Sumber Foto: pu.go.id
Deskripsi : Direktur Jenderal Perumahan, kemen PUPR, Khalawi Abdul Hamid I Sumber Foto: pu.go.id
Saat saya membaca portal pu.go.id (DI SINI), Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Jum’at, 20 Mei 2020 menyampaikan capaian Program Sejuta Rumah per tanggal 11 Mei 2020 sebesar 215.662 unit rumah.

Dimana total capaian pembangunan rumah sebesar 215.662 unit untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 169.317 unit dan rumah untuk non MBR sebanyak 46.345 unit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x