Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Abdi Negara

Best Storytelling Danone Blogger Academy 2018, 43 kali winners Blogcomp, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member BPJ 2016, content writer/blogger, email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Ternyata Mandiri Jogja Marathon Ajang Olahraga dan Traveling, Kenapa?

4 Mei 2019   20:20 Diperbarui: 4 Mei 2019   20:26 0 4 1 Mohon Tunggu...
Ternyata Mandiri Jogja Marathon Ajang Olahraga dan Traveling, Kenapa?
Deskripsi : Keceriaan para peserta mengikuti Mandiri Jogja Marathon 2019 I Sumber Foto : mandirijogjamarathon.com

Bagi penggemar olahraga lari khususnya marathon pastinya sudah mengetahui bahwa pada Minggu (28/4/2019) diselenggarakannya Mandiri Jogja Marathon 2019. Ajang ini berlangsung di kota Jogjakarta dan sekitarnya. Dalam beberapa tahun kebelakang marathon menjadi olahraga yang digemari oleh segala kalangan termasuk kaum milenial dan kids zaman now sehingga animo terhadap ajang ini begitu tinggi. 

Sport Tourism bertajuk Mandiri Jogja Marathon sudah digelar untuk ketiga kalinya. Rangkaian Mandiri Jogja Marathon 2019 ini dimulai dari 26-28 April 2019. Untuk tanggal 26-27 April, para peserta ajang marathon ini mengambil terlebih dahulu perlengkapan lomba (racepack collection) di pendopo Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. 

Gelaran inti sendiri baru dimulai pada 28 April 2019 di kawasan Candi Prambanan. Kompetisi marathon internasional ini digelar oleh Bank Mandiri berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia. Bisa dibilang kompetisi marathon ini sangat cocok disebut sebagai sport tourism.

Kompetisi marathon skala internasional ini diikuti sekitar  7400 peserta dimana 670 pelari mengikuti kategori full marathon, 1.530 pelari mengikuti kategori half marathon, 2.280 pelari mengikuti kategori 10K, dan lebih dari 3.000 pelari mengikuti kategori 5K. Dimana secara keseluruhan, ada 121 peserta dari mancanegara dan 46 komunitas lari ikut serta pada ajang Mandiri Jogja Marathon 2019 ini.

Deskripsi : Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirdjoatmodjo, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, dan Bupati Sleman Sri Purnomo. melepas peserta Mandiri Jogja Marathon 2019 I Sumber Foto : AntaraNews
Deskripsi : Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirdjoatmodjo, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, dan Bupati Sleman Sri Purnomo. melepas peserta Mandiri Jogja Marathon 2019 I Sumber Foto : AntaraNews
Kompetisi Mandiri Jogja Marathon 2019 dilepas oleh Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirdjoatmodjo, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Pada gelaran kali ini pelari dari Kenya merajai kompetisi Mandiri Jogja Marathon. Stephen Munghatia Mugambi berkewarganegaraan Kenya menjuarai Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2019 untuk kategori Full Marathon Putra di Yogyakarta dengan catatan waktu 2 jam 25 menit dan 48 detik. 

Deskripsi : Para Pemenang Mandiri Jogja marathon 2019 I Sumber Foto : mandirijogjamarathon.com
Deskripsi : Para Pemenang Mandiri Jogja marathon 2019 I Sumber Foto : mandirijogjamarathon.com
Sedangkan pelari dari negara Kenya lainnya, Daniel Gekara menempati posisi kedua dengan catatan waktu 2 Jam 30 menit 11 detik.  Dikuti kemudian Muindi Onesmus Muasya yang juga asal Kenya berada di posisi ketiga dengan catatan waktu yang tidak jauh dengan juara ke 2 yaitu 2 jam, 31 menit dan 30 detik.

Selain itu pada kategori Half Marathon putra, Charles Munyua Njoki menjadi juara dengan catatan waktu 1 jam 13 menit 17 detik, diikuti oleh Welman D Pasaribu di posisi kedua dan Amri Wahydu di tempat ketiga,

Untuk Half Marathon putri posisi puncak dimiliki Odekta Naibaho (1 jam, 22 menit, 29 detik), sedangkan Afriana Paijo dan Yanitasari Yanita ada di tempat kedua dan ketiga.

Pada kategori 10K putra, posisi pertama diduduki James Karanja (32 menit, 20 detik) dan peringkat kedua ditempati Pandu Sukarya dan Fajar Hidayat di tempat ketiga. Untuk kategori putri, Pretty Sihite menjadi juara (39 menit, 53 detik), disusul Elisabeth Wanza di tempat kedua dan Qurratul Farida di tempat ketiga.

Di kategori 5K putra peringkat pertama diraih Syamsuddin Massa (16 menit, 11 detik). Untuk tempat kedua dan ketiga dimiliki Ravi Putra dan Muh Alwi Bashori. Di kategori putri, Mahardika Manik jadi juara dengan catatan waktu 19 menit, diikuti Zolanda Riva Ngesti di tempat kedua dan Raden Roro Devin di tempat ketiga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x