Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Pegawai Negeri Sipil , Seller Online

Penyuluh KesMas,admin Coin Pendidikan (Coin A Chance) RSKO Jakarta, Nominator tunggal Best Member Backpacker Jakarta 2014, Nominator Inspiratif Member 2016, kaskuser.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Spesifikasi "ASUS VivoBook A407" yang Bikin Blogger Naik Level

11 Juni 2018   15:06 Diperbarui: 11 Juni 2018   20:52 588 0 0
Spesifikasi "ASUS VivoBook A407" yang Bikin Blogger Naik Level
Deskripsi : Asus meluncurkan produk terbaru Asus VivoBook A407 dari kelas mid-end dengan spesifikasi mempuni I Sumber Foto : Asus Indonesia

Blogger sebuah sebutan yang menempel bagi diri daku sejak 2014. Sebetulnya daku menjadi seorang yang menulis (belum bisa disebut writer) di dunia maya sejak 2008 sampai saat ini di Forum Kaskus dengan Thread. Lalu memiliki blog pribadi di tahun 2009 untuk menulis kisah travelling yang mulai addict / kecanduan ditahun itu, tetapi hanya bertahan 6 (enam) bulan saja. 

Daku pun memiliki blog pribadi lainnya ditahun yang sama (2008) tetapi digunakan untuk wirausaha Sampul Al-Qur'an dimana pada tahun 2010 usaha tersebut tutup karena kasus penipuan rekan kerja. Kemudian daku memulai lagi menggunakan platform menulis ditahun 2010 buatan anak negeri Kompasiana. Ditahun 2010 sampai dengan 2013 daku tidak terlalu intens menulis di Kompasiana. 

Pada tahun 2014 di Kompasiana daku mulai aktif menulis dan bergaul secara offline baik sesama Blogger Kompasiana (kompasianers) dan Blogger platform lainnya. Sejak tahun 2014 daku mulai dikenal sebagai Blogger baik oleh sesama Blogger maupun teman sekerja di RSKO, keluarga, para traveller di komunitas Backpacker (Backpacker Jakarta, Backpacker tas Kresek) dan sesama coiners (pendonasi coin) Koin Untuk Pendidikan-Coin A Chance.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang amat penting sejak akhir 2007. Daku menggunakan laptop awalnya untuk kegiatan pencatatan administratif usaha toko kelontong yang daku rintis ditahun 2007. Selain itu ditahun 2008 laptop daku pakai untuk membuat thread jual beli online di Kaskus & Toko Bagus (OLX saat ini). Kemudian laptop juga digunakan untuk Blogging dari tahun 2009 sampai saat ini. 

Sebagai seorang Blogger perangkat elektronik laptop merupakan kebutuhan utama. Namun, karena Blogger merupakan individu yang selalu bergerak (mobilitas tinggi) kebutuhan akan laptop bergeser ke notebook. Pada tahun 2017 barulah daku memiliki notebook yang memiliki ukuran layar 10 inchi. Sepertinya daku mulai memikirkan membutuhkan notebook baru yang memiliki ukuran layar lebih dari 10 inchi. 

Daku menemukan di e-commerce notebook Asus VivoBook A407UB dengan kartu grafis Nvidia GeForce MX110 dimana untuk harga masih di ranah mid-end jadi masih terjangkau yaitu Rp.6.499.000. Salah-satu e-commerce Blibli.com bahkan mendiskon produk ini dan memberikan garansi 2 tahun. Sebelum membeli daku coba ulik dahulu spesifikasi Asus Vivobook A407 yang cocok bagi Blogger udik ini.


Notebook Mid-End Dengan Fingerprint

Dalam beberapa tahun terakhir daku gonta-ganti Laptop, tetapi belum pernah menggunakan ASUS. Tiga laptop dan satu notebook yang pernah daku miliki, namun tidak ada yang memiliki perangkat fingerprint. Sesuatu yang baru patut dicoba, Notebook Asus VivoBook A407 melengkapi fiturnya dengan fingerprint. Sensor fingerprint merupakan sistem keamanan yang di inject dalam notebook ini. Dari berbagai sumber yang daku searching, sensor fingerprint berada di area touchpad yang kompatibel dengan Windows Hello.

Fingerprint bisa menjadi pilihan utama mengamankan notebook selain menggunakan password. Perangkat ini juga dilengkapi dengan pengenalan 360 derajat yang membuat akurasi pemindaian lebih baik. Sensornya terbilang responsif karena tetap mampu mendeteksi jari dalam keadaan basah karena teknologi pengenalan 360 derajat.

Deskripsi : Teknologi fingerprint disematkan pada Asus Vivobook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia
Deskripsi : Teknologi fingerprint disematkan pada Asus Vivobook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia

Dalam kondisi Sleep, notebook ini bisa langsung menyala kembali dengan lebih cepat menggunakan sensor Fingerprint dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja sampai notebook bisa digunakan kembali secara normal. Tidak perlu mengingat dan mengetikkan sandi yang rumit. Perangkat fingerprint ini mencegah pencuri mengakses notebook, sama seperti sensor fingerprint yang digunakan pada smartphone jaman now.

Kalian tau sendiri kids zaman now itu jahil-jahil. Acapkali teman-teman mengerjai kita ketika laptop / notebook kita menyela dimana posisi social media sedang terbuka dibuatlah status yang macam-macam oleh mereka. Bisa juga yang memiliki anak di rumah, diketik-ketik pada draft ngeblog. Nah, fingerprint dapat mencegah tindakan mereka tersebut....Aman....

Bisa dibilang notebook Asus VivoBook A407 merupakan notebook  mid-end (mainstream) pertama yang menggunakan teknologi ini. Biasanya teknologi fingerprint ada di notebook high-end, namun kali ini ada di notebook mid-end. Asus merevolusi dengan notebook terbarunya ini, dan kabar baik bagi para Blogger.


Ringan, Ringkas dan Kece Untuk Mobilitas Tinggi

Blogger merupakan individu dengan mobilitas tinggi. Daku memang bukan full time Blogger, masih dijadikan hobi yang menghasilkan. Banyak teman yang menjadikan Blogger sebagai profesi. Dalam satu hari Full Time Blogger bisa berpindah dari satu event ke event lainnya. Dua s/d empat event perhari bisa mereka jalani. Begitu tinggi mobilitasnya dan mereka dikejar target deadline 3 (tiga) s/d 7 (tujuh) hari untuk menyelesaikan tulisannya.

Notebook yang ringan & ringkas sangat dibutuhkan karena acapkali banyaknya deadline membuat para Blogger harus menulis langsung dilokasi. A407 sepertinya memberi solusi. Take-anywhere portability, A407 sangat portabel dan beratnya hanya 1,5 kg. Ini adalah notebook harian yang membuat para blogger bisa tetap produktif.

Deskripsi : Tipisnya Asus VivoBook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia
Deskripsi : Tipisnya Asus VivoBook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia

Deskripsi : Saking tipisnya, bisa nyamain notebook layar 10 inchi I Sumber Foto : Asus Indonesia
Deskripsi : Saking tipisnya, bisa nyamain notebook layar 10 inchi I Sumber Foto : Asus Indonesia

A407 punya ketebalan hanya 21,9 milimeter. Menariknya notebook ini cukup ringkas dengan fitur Nano Edge Display membuat rasio layar ke bodinya hanya 73,8 persen berkat bezel layarnya yang hanya 7,1 mm. Fitur tersebut membuat desain notebook ini menjadi lebih kompak dan fit dari notebook dengan layar 14 inci.

Daku saat ini memiliki notebook dengan layar 10 inchi ternyata membuat tidak nyaman, dengan layar 14 inchi dengan rasio layar ke body yang tipis bisa membuat mata tidak lelah. A407 memiliki resolusi full HD 1.366 x 768 piksel pada layar dengan 178 derajat wide viewing angle

Perbedaan berat antara notebook 10 inchi dengan  A407 yang berlayar 14 inchi tidak begitu jauh. Keunggulannya layar dan keyboard lebih lebar sehingga lebih enak pada saat mengetik dan memandang layar. 

Keren aja menjinjing notebook tipis. Sudah bukan jamannya lagi pakai Laptop yang include DVD. Menonton film tempatnya di bioskop atau ditempat yang lebih tenang seperti di rumah. A407 ternyata tidak hanya tipis tetapi memiliki design stunning colors. Stylish finishes A407 yang bergaya ini tersedia dalam tampilan brushed yang eye-catching dalam Star Grey dan Icicle Gold.


Dapur Pacu Yang Membuat Blogger Naik Level

Daku sudah menggunakan komputer sejak sekolah menengah pertama (SMP) dengan memiliki personal computer (PC). Pada masa-masa daku mulai akrab dengan komputer di sekolah menengah dan perkuliahan bila mendengar komputer terpasang motherboard ASUS langsung memberi cap itu komputer keren banget. 

Blogging saat ini tidak hanya sekedar menulis, untuk melengkapi tulisan agar tidak membosankan pembaca diperlukan tambahan foto, infografis dan video. Daku dalam memperbaiki kualitas dan mengkompress ukuran foto menggunakan photoshop. Pada saat melihat layar apabila yang ditampilkan tidak sesuai yang diharapkan dikarenakan teknologi dari notebook itu sendiri bikin sebel, misal gambar pecah dan respon lambat.

Deskripsi : Photoshop dengan menggabungkan berbagai gambar dan mengedit bagian wajah I Sumber foto : dokpri
Deskripsi : Photoshop dengan menggabungkan berbagai gambar dan mengedit bagian wajah I Sumber foto : dokpri

Pada saat menjalankan photoshop gerakan mouse dan detail gambar harus sangat diperhatikan. Kontras dan saturasi sangat penting selain crop dan menyesuaikan gambar satu dengan gambar yang lain. Foto tidak hanya sekedar gambar tetapi harus dapat bercerita dan sesuai dengan isi tulisan yang diupload.

Sebagai Blogger juga acapkali mengalami mati ide, untuk itu dibutuhkan refreshing dengan bermain game, menonton video, atau mendengarkan musik. Menjadi Blogger yang keren dan berada di level yang baik itu bila ia mampu mengelola mood nya dan tidak baperan. Dengan refershing tersebut membuat tekanan itu berkurang tetapi harus didukung oleh kualitas perangkat.

Deskripsi : Dapur Pacu A407 bisa membawa Blogger naik level I Sumber Foto : editing pict by Asus Indonesia
Deskripsi : Dapur Pacu A407 bisa membawa Blogger naik level I Sumber Foto : editing pict by Asus Indonesia

Dapur pacu yang mempuni sangat dibutuhkan oleh para Blogger. Sebagai sebuah notebook kelas mid-end, A407 sudah menggunakan prosesor Intel Core i3 generasi 6 yaitu Core i3 6006U yang berkecepatan 2 GHz. Notebook ini memiliki kapasitas RAM 4GB yang dapat di-upgrade hingga 8 GB DDR4 dan HDD 1TB. 

Untuk kartu grafisnya, A407 terdiri dari versi dengan kartu grafis Nvidia GeForce MX110 dan Intel Graphics 510. Daku akan membahas kartu grafis Nvidia GeForce MX110 dalam mensupport membuat konten. Kartu grafis ini MX110 lebih cepat 1,5 kali dari Intel UHD 620. Bila dilihat dari benchmark, Kecepatan Clock GPU nya 965 MHz, Kecepatan memori GPU nya 1253 mHz dengan kecepatan memori efektif nya 5012 MHz  (banchmark MX110 DISINI).

Bila daku menengok ke halaman resmi GeForce (DISINI), sebagai user pada saat menggunakan, kita dapat merasakan kinerja grafis NVIDIA GeForce MX110 yang baik. Kartu grafis yang diluncurkan di akhir 2017 ini dapat melakukan penyuntingan foto dan video HD yang cepat dan mulus, plus bermain games dengan lebih baik. 

Kartu grafis ini juga bekerja secara lancar dengan teknologi NVIDIA Optimus yang hemat daya untuk memberi  kinerja saat dibutuhkan, sambil menghemat masa pakai baterai. Pastinya kesal sekali pada saat membuat konten ternyata mengalami kekurangan daya. A407 menampilkan 3x masa pakai baterai lithium-ion standar. Dengan teknologi pengisian cepat ASUS, baterai yang rendah dapat diisi hingga 60 persen hanya dalam 49 menit. Kemampuan A safe fast-charging and longer-lasting battery ditunjukkan oleh perangkat ini.

Selain teknologi optimus, MX110 juga supported teknologi CUDA, physx, GPU Boost 2.0 dan Directx 12. CUDA adalah platform komputasi paralel dan model pemrograman yang diciptakan oleh NVIDIA. Ini memungkinkan peningkatan dramatis dalam kinerja komputasi dengan memanfaatkan kekuatan unit pemrosesan grafis (GPU).

Bagi Blogger yang merefreshing diri dengan bermain games, teknologi Directx 12 & PhysX memanfaatkan kekuatan GPU NVIDIA GeForce GTX untuk menciptakan visual efek dan animasi dalam bermain games yang dipenuhi dengan dynamic destruction, particle based fluids, and life-like animation. Reviewers attest, games like Assassin's Creed IV: Black Flag, Batman: Arkham Origins, Borderlands 2, and Metro.

Deskripsi : 4 (empat) mode tampilan yang bisa dipakai pada ASUS Vivobook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia
Deskripsi : 4 (empat) mode tampilan yang bisa dipakai pada ASUS Vivobook A407 I Sumber Foto : Asus Indonesia

Bagi Blogger pembuatan konten sangatlah penting, gabungan teknologi antara processor, RAM dan Kartu grafis membuat user dapat menikmati Visuals. Teknologi pengoptimalan visual ASUS Splendid memberikan visual terbaik dengan empat mode tampilan: Mode Normal sangat ideal untuk tugas sehari-hari; Mode Vivid mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video yang menakjubkan; Mode Perawatan Mata mengurangi tingkat cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata; dan Mode Manual memungkinkan penyesuaian warna yang dipersonalisasi. 

Teknologi ASUS Tru2Life Video mengoptimalkan secara cerdas setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras hingga 150% sehingga kita dapat menikmati kualitas gambar sebaik mungkin.


Sound Untuk berbabagai Kebutuhan

Pada saat kita bermain games, menonton film, mendengarkan musik, melakukan recording & speech, sound yang baik sangat dibutuhkan. Bila daku baca di situs resmi ASUS menyangkut produk ASUS Vivobook A407UB (DISINI), ditanamkan teknologi ASUS Sonic Master dan ASUS Audio Wizard. Perangkat ini memberikan perpaduan antara perangkat keras, perangkat lunak, dan penyetelan audio yang dirancang dengan tujuan memberikan pengalaman audio terbaik. 

ASUS Sonic Master menggunakan codec kelas profesional untuk memastikan pengkodean dan penguraian audio yang tepat, dan menggunakan amplifier, speaker besar, dan ruang resonansi yang sangat cocok untuk perangkat khusus. ASUS Audio Wizard adalah perangkat lunak yang kuat yang membuatnya mudah untuk mencapai keseimbangan audio yang ideal untuk semua jenis konten. Perangkat ini juga menawarkan opsi pengaturan manual, sehingga kita dapat mengontrol sepenuhnya bauran audio untuk suara yang benar-benar impresif. 


Memiliki Teknologi Menjaga Temperatur

Daku merasa bete ketika menggunakan notebook baru satu jam saja body notebook sudah panas. Apalagi ngeblog bisa berjam-jam untuk menyelesaikan satu artikel. Pendinginan laptop sangat penting karena langsung memengaruhi pengalaman komputasi. Nah begitu pentingnya notebook yang memiliki teknologi pendinginan.

Deskripsi : teknologi ASUS IceCool pada A407 membuat notebook tidak panas berlebih / over heat I Sumber Foto : Asus Indonesia
Deskripsi : teknologi ASUS IceCool pada A407 membuat notebook tidak panas berlebih / over heat I Sumber Foto : Asus Indonesia

Teknologi ASUS IceCool pada A407 yang menggunakan kontrol kipas, pipa panas tipis dan desain untuk menciptakan sistem yang efisien untuk menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36 C - lebih rendah dari suhu tubuh - sehingga user mendapatkan kinerja pendinginan baik dan user menjadi nyaman dalam menggunakan perangkat. 

---------------------------------------------------------

Mau apapun Blogger-nya, apakah itu Full Time Blogger, Blogger Nyambi, Blogger Hobi, atau Blogger Diary, konten merupakan hal yang penting. Konten tidak akan muncul apabila Blogger mengalami gangguan, ketidaknyamanan, dan teknologi yang tidak mendukung. 

Sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi seorang blogger untuk memiliki laptop / notebook. Personal Computer tidaklah cukup, pilihan laptop  / notebook saat ini begitu banyak mungkin ulasan daku tentang Asus VivoBook A407 bisa menjadi tambahan informasi dan referensi pilihan. 

Blogger bisa naik level bila ia mampu menunjukkan kontennya berkualitas dan profesional dalam berprilaku. 


Salam hangat Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto

Web [ DISINI ] , Blog [ DISINI ] , Twitter [ DISINI ] , Instagram [ DISINI ]

Email : mastiyan@gmail.com