Mohon tunggu...
Rakhmasari Kurnianingtyas
Rakhmasari Kurnianingtyas Mohon Tunggu... Lainnya - Mencoba melukis cerita lewat aksara

belajar dari mendengarkan dan melihat

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Memperjuangkan Mental Health Vs Budaya Organisasi

22 Juni 2022   22:07 Diperbarui: 23 Juni 2022   13:40 268 25 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Stres dan kelelahan adalah respons alami tubuh ketika diri kita merasa tertekan dalam menghadapi sebuah situasi. Ini juga bisa menjadi tanda pekerjaan overload (SHUTTERSTOCK

"Selamat yaa...Semoga sukses di tempat baru"

"Waaah mutasi yaa... Selamat yaa..."

Itu reaksi yang normal diperlihatkan bila rekan kerja mendapatkan penempatan baru. Entah itu masih di bagian yang sama atau bahkan di tempat lain yang berbeda jauh secara jenis pekerjaan.

Reaksi normal yang diungkapkan saat pertama mendengar berita semacam itu. Namun reaksi itu akan menjadi berbeda jika suatu ketika ada fakta lain terungkap tentang alasan kenapa seseorang dipindah tugaskan.

Rotasi atau mutasi adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam suatu organisasi. Lebih khusus lagi institusi pemerintah atau kantor pelayanan. Di mana pekerjaan yang menjadi tugas utama tidak memerlukan keahlian khusus. Semua orang bisa berada di posisi tersebut dengan kompetensi yang bisa diusahakan.

Berbeda dengan kantor-kantor swasta yang memberikan jasa sesuai spesialisasi khusus, misalnya usaha desain interior. Tentunya hanya mereka yang mempunyai keahlian desain yang bisa diterima bekerja di situ. 

Atau butik yang hanya menerima karyawan dengan kemampuan yang lebih di bidang fashion. Sedangkan untuk pekerjaan yang bersifat supporting atau administrasi, bisa menerima orang dengan kualifikasi yang lebih fleksibel.

Kembali ke topik mutasi, setiap kantor memiliki kebijakan pola mutasi yang berbeda, walaupun tujuan yang ingin dicapai pasti sama.

Menurut Robins dalam Edwan (2013), “Rotasi kerja adalah perubahan periodik karyawan dari satu tugas ke tugas yang lain dengan tujuan untuk mengurangi kebosanan dan meningkatkan motivasi lewat penganekaragaman kegiatan karyawan”

Dari definisi di atas jelas kita bisa ambil kesimpulan bahwa mutasi atau rotasi dimaksudkan untuk lebih memperhatikan kesehatan mental pegawai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan