R M 7
R M 7 Karyawan

#LAKI, Sportsman, hanya seorang penikmat tulisan dan penulis ringan

Selanjutnya

Tutup

Tekno

iOS 11.1 Beta Bikin Drop Baterai iPhone dan Solusinya

10 Oktober 2017   13:17 Diperbarui: 10 Oktober 2017   13:48 404 0 1
iOS 11.1 Beta Bikin Drop Baterai iPhone dan Solusinya
ios-11-1-beta-2-changes-features-59dc655bf11b8b218f3bc7f2.jpg

Selamat siang, 

Sekedar menulis dan sharekembali, sudah lama saya berkutat dengan pekerjaan dan hampir tidak pernah membuka laman kompasiana. Akhirnya hari ini saya sempatkan untuk sekedar sharepengalaman saya beberapa hari terakhir seputar teknolgi, khusunya Apple. 

Yap, untuk Apple fans silahkan merapat. 

Saya pengguna dan penggemar Products Apple, sampai-sampai saya hampir selalu ingin mendapatkan updateterbaru mengenai hardwares dan softwares-nya. Salah satunya yang paling saya gandrungi adalah menunggu update-aniOS terbaru, walaupun masih Betasaya tetap bersedia installdan memberikan feedbackskepada Apple. 

Sebelumnya ingin saya sampaikan hal ini hanya berlaku khusus kepada pengguna Apple devicesyang menjalankan iOS Beta Software Profiledi iPhone/ iPad-nya.

Dari pengalaman saya, hampir setiap peralihan versi iOS ke iOS terbaru (khusunya versi Beta)yang merupakan breakthroughdari iOS sebelumnya (seperti iOS 10 ke iOS 11), hampir semuanya 'memberikan' permasalahan kepada Aplle devices,bisa dibilang seolah memberikan bugske devicesyang melakukan updateiOS, seperti terjadinya lags, apps crash, devices not responsive, etc.

Namun yang saya rasakan paling parah adalah iOS 11.1 public beta versionini dimana softwareini menyerang daya tahan baterai iPhone. Setelah saya melakukan update softwareke iOS versi ini, iPhone saya terasa panas terus menerus dan baterai berkurang sangat cepat walaupun iPhone tidak disentuh samasekali, mungkin daya turun dengan cepat sekitar 4% per menit. 

Pun dibiarkan dalam kondisi flight mode, tidak mengatasi masalah. Frustasi menghampiri selama beberapa hari ini, sampai akhirnya saya melakukan browsing dan menemukan solusi dari laman Apple Developer Forum.

Ada 2 Solusi yang saya temukan dan telah saya coba dari diskusi forum tersebut:

  1. Lakukan downgradeiOS 11.1 Betake iOS 11.0 (sambil menunggu updateiOS selanjutnya.Hal ini sesungguhnya agak menyulitkan, karena saya harus melakukan beberapa langkah untuk downgradeversi iOS seperti disampaikan pada link berikut ini. 
  2. Matikan Assistive Touch. Langkah ini dapat dilakukan melalui step berikut: Settings> General> Accessbility> Assistive Touch> Off

Itulah kedua solusi yang cukup membantu mengurangi daya konsumsi baterai iPhone yang boros selama menjalankan iOS 11.1 Public Beta1.

Namun, per hari ini sudah ada solusi terbaik dai Apple, yaitu updateke iOS 11.1 Public Beta 2.

Yap! per hari ini saya merasakan improvementyang cukup luar biasa setelah melakukan update ke iOS11.1 Public Beta2 dimana salah satu improvement dariApple adalah telah memperbaiki/ menghapus bugsyang ada pada Assistive Touch sehingga bisa kembali digunakan dengan konsumsi baterai normal, plus ada beberapa fitur baru lainnya dari iOS 11.1 Public Beta 2 seperti:

  1. Battery Life Improvements
  2. 3D touch multitaskings
  3. Emergency SOS preferences
  4. New Emoji

Keterangan dan pengalaman lebih lengkap bisa lakukan selancar sendiri melalui webya para pembaca. 

Semoga tulisan ini bisa membantu bagi yang mengalami problematika yang sama, minimal menambah pengetahuan para pembaca. 

Terima kasih.