Mohon tunggu...
R M 7
R M 7 Mohon Tunggu... Human Resources - #LAKI

Hanya seorang penikmat tulisan ringan dan penulis ringan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

iOS 11.1 Beta Bikin Drop Baterai iPhone dan Solusinya

10 Oktober 2017   13:17 Diperbarui: 10 Oktober 2017   13:48 3012
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat siang, 

Sekedar menulis dan sharekembali, sudah lama saya berkutat dengan pekerjaan dan hampir tidak pernah membuka laman kompasiana. Akhirnya hari ini saya sempatkan untuk sekedar sharepengalaman saya beberapa hari terakhir seputar teknolgi, khusunya Apple. 

Yap, untuk Apple fans silahkan merapat. 

Saya pengguna dan penggemar Products Apple, sampai-sampai saya hampir selalu ingin mendapatkan updateterbaru mengenai hardwares dan softwares-nya. Salah satunya yang paling saya gandrungi adalah menunggu update-aniOS terbaru, walaupun masih Betasaya tetap bersedia installdan memberikan feedbackskepada Apple. 

Sebelumnya ingin saya sampaikan hal ini hanya berlaku khusus kepada pengguna Apple devicesyang menjalankan iOS Beta Software Profiledi iPhone/ iPad-nya.

Dari pengalaman saya, hampir setiap peralihan versi iOS ke iOS terbaru (khusunya versi Beta)yang merupakan breakthroughdari iOS sebelumnya (seperti iOS 10 ke iOS 11), hampir semuanya 'memberikan' permasalahan kepada Aplle devices,bisa dibilang seolah memberikan bugske devicesyang melakukan updateiOS, seperti terjadinya lags, apps crash, devices not responsive, etc.

Namun yang saya rasakan paling parah adalah iOS 11.1 public beta versionini dimana softwareini menyerang daya tahan baterai iPhone. Setelah saya melakukan update softwareke iOS versi ini, iPhone saya terasa panas terus menerus dan baterai berkurang sangat cepat walaupun iPhone tidak disentuh samasekali, mungkin daya turun dengan cepat sekitar 4% per menit. 

Pun dibiarkan dalam kondisi flight mode, tidak mengatasi masalah. Frustasi menghampiri selama beberapa hari ini, sampai akhirnya saya melakukan browsing dan menemukan solusi dari laman Apple Developer Forum.

Ada 2 Solusi yang saya temukan dan telah saya coba dari diskusi forum tersebut:

  1. Lakukan downgradeiOS 11.1 Betake iOS 11.0 (sambil menunggu updateiOS selanjutnya.Hal ini sesungguhnya agak menyulitkan, karena saya harus melakukan beberapa langkah untuk downgradeversi iOS seperti disampaikan pada link berikut ini. 
  2. Matikan Assistive Touch. Langkah ini dapat dilakukan melalui step berikut: Settings> General> Accessbility> Assistive Touch> Off

Itulah kedua solusi yang cukup membantu mengurangi daya konsumsi baterai iPhone yang boros selama menjalankan iOS 11.1 Public Beta1.

Namun, per hari ini sudah ada solusi terbaik dai Apple, yaitu updateke iOS 11.1 Public Beta 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun