Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Raja Lubis

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Prediksi Nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2022

4 Oktober 2022   10:56 Diperbarui: 4 Oktober 2022   11:04 1177 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
instagram/@festivalfilmid

Setelah menyeleksi 30 judul film, panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2022 memberikan daftar tersebut ke asosiasi perfilman. Tujuannya adalah untuk diseleksi lagi menjadi 20 judul. Jadi, senarai nominasi FFI 2022 hanya akan dipilih dari 20 judul tersebut.

Senin, 3 Oktober 2022, FFI mengumumkan 20 judul yang sudah dipilih oleh asosiasi perfilman. Hasilnya nggak terlalu mengejutkan memang, karena seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelum ini, film-film yang lolos seleksi FFI 2022 sebagian besar film-film yang sudah bisa disaksikan secara luas.

Lalu film apa saja yang dipilih oleh asosiasi perfilman?

Kecuali Before, Now & Then (Nana), film yang tayang di platform OTT tidak ada yang lolos di tahap ini. Artinya Father & Son, Romantik Problematik, dan One Night Stand harus berbesar hati karena nggak akan ada wakilnya di nominasi FFI kali ini.

Termasuk Putri Marino yang bermain apik di One Night Stand (dan masuk nominasi di FFB 2022) harus juga berbesar hati. Tapi peluang Putri masuk nominasi masih terbuka lebar lewat Losmen Bu Broto dan Cinta Pertama, Kedua & Ketiga. Bahkan tidak menutup kemungkinan Putri bisa masuk nominasi dari keduanya.

Film lain yang kurang beruntung adalah Just Mom. Banyak warganet pecinta film sudah memprediksikan Ayushita bakal masuk nominasi Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik. Pasalnya, perannya sebagai perempuan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang sedang hamil, berhasil menguras emosi penonton.

Selain Just Mom, film horor Ivanna yang digadang-gadang warganet sebagai film horor terbaik 2022 pun tidak lolos. Film lainnya yang juga tak bernasib baik adalah Akhirat: A Love Story, Dear Nathan Thank You Salma, Sepeda Presiden, Teka-Teki Tika, dan Yowis Ben Finale.

20 film yang lolos seleksi FFI 2022 bagian 1/instagram/@festivalfilmid
20 film yang lolos seleksi FFI 2022 bagian 1/instagram/@festivalfilmid

20 film yang lolos seleksi FFI 2022 bagian 2/instagram/@festivalfilmid
20 film yang lolos seleksi FFI 2022 bagian 2/instagram/@festivalfilmid
Prediksi dan harapan nominasi FFI 2022

Baiklah, karena tahap selanjutnya dari pelaksanaan FFI adalah penentuan nominasi dari 20 judul film yang sudah dipilih, saya mencoba membuat prediksi di beberapa unsur. Lebih tepatnya mungkin harapan saja. Karena kalau prediksi itu kita harus menganalisa selera juri dari tahun ke tahun. Sementara juri FFI senantiasa berbeda dari tahun ke tahun.

Mari kita mulai!

1. Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik

Sebelumnya menentukan pilihan di kategori ini, saya amati dulu apakah dari 20 film yang masuk ada yang diperankan Asri Welas. Karena sejarah membuktikan Asri Welas berhasil masuk nominasi ini tiga tahun berturut-turut. Suatu rekor yang jarang diraih oleh aktor-aktor yang diberi peran komedi serupa dalam film-filmnya.

Lupakan Asri Welas! Jagoan pertama saya di kategori ini adalah Putri Marino (Losmen Bu Broto). Kandidat lain yang mungkin masuk adalah Laura Basuki (Before, Now & Then(Nana)), Sheila Dara Aisha (Noktah Merah Perkawinan), Ghita Bhebita Butarbutar (Ngeri-Ngeri Sedap), Mawar de Jongh (Miracle in Cell No. 7), Ira Wibowo (Cinta Pertama, Kedua & Ketiga), dan Ratu Felisha (Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas).

2. Pemeran Pendukung Pria Terbaik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan