Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Raja Lubis

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Menyoal Cerita yang Berantakan di "The Sacred Riana: Beginning", Film Horor yang Sebetulnya Punya Potensi

29 Juli 2022   14:45 Diperbarui: 29 Juli 2022   15:23 245 21 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ngapain tuh pegang kepala boneka/Nant Entertainment

Tidak banyak mendapat pujian dari penonton, pun bukan termasuk film yang laris. Tapi The Sacred Riana percaya diri untuk bikin sekuel. Saya menyebutnya godek dan pemberani.

Nama Sacred Riana mulai dikenal publik setelah ia memenangkan ajang pencarian bakat Asia's Got Talent 2017. Terlebih dengan ciri khas kepala godek dan rambut yang menutupi separuh wajahnya, membuat penampilan Sacred Riana di atas panggung serasa seperti atraksi setengah horor.

Karena itulah, melihat sosok ilusionis berbakat tersebut, sutradara Billy Christian (Rumah Malaikat, Petak Umpet Minako) pun tertarik membuatkan film horor tentang Sacred Riana. Dengan tajuk The Sacred Riana: Beginning, film ini akan menguak asal-usul kenapa Sacred Riana punya kemampuan yang mengantarkannya meraih juara di ajang tersebut.

Tapi sayang beribu sayang...

Kenapa cerita filmnya seperti nggak mengandung motivasi?

The Sacred Riana: Beginning dibuka dengan masa kecil Riana yang dirisak oleh teman-teman sekolahnya. Di rumah pun ia nggak punya tempat berbagi. Orangtuanya terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka. Ibunya Riana adalah seorang perias jenazah, sementara bapaknya pembuat peti mati.

Gimana nggak seram kalau latar belakang keluarganya aja sudah begini? Keseraman di rumah Riana masih ditambah pula dengan kemampuannya melihat hantu-hantu. Catat itu, hantu-hantu. Jadi bukan cuma satu hantu doang yang numpang tinggal di rumah Riana.

Cerita lalu berpindah pada Om Johan (kakaknya ayah Riana) yang harus pergi ke Eropa. Tapi sebelum hijrah, Om Johan memaksa adiknya, Januar, untuk menempati rumahnya. Alhasil pindahlah Januar, Irma (istrinya), dan tentu saja Riana.

Saat pindah ke rumah Om Johan-lah petualangan horor Riana dimulai.

Karakter antagonis utama yang tampan cukup menyeramkan/Nant Entertainment
Karakter antagonis utama yang tampan cukup menyeramkan/Nant Entertainment
Sampai ke bagian itu, sebenarnya nggak ada masalah berarti di film ini. Tapi ketika adegan-adegan mistis di The Sacred Riana mulai muncul, saya menemukan hampir semuanya nggak disisipi motivasi yang kuat. Cerita berjalan apa adanya, terlihat seperti nggak ada arahan. Sebuah film (termasuk horor) memang nggak harus menuruti logika nyata, tapi ia harus mampu menciptakan logikanya sendiri.

Sayangnya The Sacred Riana gagal membangun logika dunianya sendiri. Film ini bisa saja bergerak pada ranah horor fantasi yang menjanjikan karena elemen fantasi dan dunia nyata dibedakan dengan warna dan latar yang jelas.

Setiap kali adegan seram muncul, warna dan latar layar berubah menjadi gelap, menunjukkan bahwa adegan tersebut adalah fantasi. Lalu warna dan latar kembali seperti semula ketika adegan berada di dunia nyata. Namun pembedaan tersebut nggak pernah konsisten. Ada banyak adegan yang secara logika terjadi di dunia nyata, tapi warna dan latar tetap gelap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan