Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Raja Lubis

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Nggak Hanya Ramah Anak, Deretan Film Indonesia Berikut Sajikan Kisah Inspiratif

25 Juli 2022   10:11 Diperbarui: 25 Juli 2022   10:15 135 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dikemas dengan format musikal, Petualangan Sherina punya deretan tembang yang membekas/milesfilms

Dalam beberapa postingan sebelum ini, saya menulis tentang warning bahwa nggak semua film superhero itu untuk anak-anak. Juga tentang kekhawatiran anak-anak menonton film horor dewasa hanya karena pemerannya anak-anak.

Rasanya tidak adil, jika saya hanya memberi imbauan tanpa memberikan rekomendasi film-film yang memang cocok ditonton oleh anak-anak.

Dan masih dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional 2022, saya pilihkan beberapa film Indonesia yang nggak hanya ramah anak, tapi juga memiliki cerita yang bisa menginspirasi.

Let's Go!

1. Petualangan Sherina (2000)

Bicara film anak, tentunya nggak bisa dilepaskan dari film lawas Petualangan Sherina. Film yang digadang-gadang sebagai salah satu pionir kebangkitan film Indonesia awal 2000-an ini memang punya nilai-nilai yang edukatif dan menghibur.

Film ini sendiri bercerita tentang dua anak sekolah yang memiliki sifat dan kebiasaan yang bertolak belakang. Adalah Sherina (Sherina Munaf), siswa yang pandai dan mandiri. Dan Saddam (Derby Romero), siswa yang galak di sekolah, tapi sangat manja jika berada di rumah.

Dalam suatu kesempatan, keduanya terlibat petualangan seru saat menghabiskan liburan sekolah bersama.

2. Laskar Pelangi (2008)

Sayangnya, film ini nggak daftar FFI 2008/milesfilms
Sayangnya, film ini nggak daftar FFI 2008/milesfilms
Senada dengan Petualangan Sherina, film yang berada di nomor dua ini pun nggak kalah fenomenalnya. Sama-sama diarahkan oleh Riri Riza, Laskar Pelangi pun mendapat sambutan yang hangat dari penonton.

Dan sampai saat ini, film yang mengambil latar Belitong ini sudah 14 tahun bertengger di jajaran Top 15 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa. Termasuk yang paling lama bertahan selain Ayat-Ayat Cinta (2008).

Ceritanya sendiri tentang kehidupan anak-anak Belitong yang berasal dari keluarga yang kurang beruntung ekonominya. Dan karena keadaan ekonomi tersebut, mereka kesulitan untuk bersekolah. Ditambah dengan masalah jarak dan akses ke sekolah yang juga jauh, menambah kesulitan yang ada.

Tapi dengan segala keterbatasan yang ada, nggak membuat mereka putus asa. Mereka tetap semangat untuk mendapat ilmu demi menyongsong hidup yang lebih baik.

3. Garuda di Dadaku (2009)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan