Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Raja Lubis

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Konten Sedekah dan Sedekah Konten, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?

27 April 2022   13:38 Diperbarui: 27 April 2022   13:42 557 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berbagi nggak pernah rugi/sonora.id

Ramadan adalah bulan yang paling tepat untuk berbuat baik. Meskipun berbuat baik tidak harus di bulan Ramadan saja, tapi juga di bulan-bulan lain sepanjang tahun. Hanya saja, di bulan yang istimewa ini, pahala kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba berbuat baik di bulan yang penuh kemuliaan ini. Salah satu cara berbuat baik adalah dengan bersedekah.

Apakah sedekah itu? Secara sederhana sedekah bisa diartikan menyisihkan sebagian harta yang kita miliki di jalan yang Allah SWT ridhoi. Tentunya harus disertai dengan perasaan tulus dan sukarela dari si pemberi sedekah.

Keutamaan sedekah

Dalam Islam, sedekah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan tersebut adalah sedekah sebagai penghapus dosa. 

Sebagai manusia biasa, kita tentu sering melakukan dosa baik yang disengaja atau tidak disengaja. Namun, Islam juga memudahkan manusia untuk menghapus dosa-dosanya melalui sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api" (HR. Tirmidzi).

Pada sabda yang lain, Rasulullah juga menyampaikan bahwa sedekah bisa menyembuhkan penyakit. "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana" (HR. Ath-Thabrani).

Selain dua keutamaan yang sudah disebutkan sebelumnya, sedekah juga memiliki banyak keutamaan lain seperti mendatangkan keberkahan, mendapat naungan di hari akhir, memudahkan jalan ke surga, dan menghindarkan marabahaya yang mungkin datang dalam hidup kita.

Konten sedekah, apakah riya?

Di zaman yang sudah serba canggih ini, sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan sedekah online. Banyak lembaga -- lembaga resmi yang bergerak sebagai penyalur sedekah. Hal ini tentunya mempermudah bagi kita yang ingin sedekah karena lebih praktis dan hemat waktu.

Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga memungkinkan sedekah dijadikan sebagai konten. Mungkin kita sering melihat di timeline media sosial kita, video-video orang yang bersedekah. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang langsung memberikan uang kepada orang lain, memborong jualannya, memberikan sepeda motor, dan macam-macam.

Kegiatan konten sedekah ini menjadi tren karena banyak dilakukan oleh para artis dan influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan