Mohon tunggu...
Dhea Anggraini
Dhea Anggraini Mohon Tunggu... Suka jalan-jalan

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Investasi Saham Tak Serumit yang Dibayangkan

25 Februari 2020   16:49 Diperbarui: 25 Februari 2020   16:54 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Investasi Saham Tak Serumit yang Dibayangkan
lifehacker.jp

Banyak orang masih memiliki pandangan keliru terkait investasi saham, yakni terkait dengan modal yang besar dan tingkat kesulitannya yang sangat tinggi. Pandangan keliru ini memang tidak mudah dihilangkan karena sudah terpatri di benak pikiran masyarakat secara turun-temurun.

Padahal, pandangan ini keliru, pertama karena di masa lalu investasi saham identik dengan modal jutaan. Masyarakat berpandangan modal gede itu masih berlaku hingga saat ini, padahal tidak.

Kedua, pandangan keliru kalau investasi saham itu tingkat kesulitannya sangat tinggi. Pandangan masyarakat ini tentunya karena angka-angka yang mewarnai pasar saham Indonesia. 

Deretan huruf  berisi kode saham dan jajaran angka yang menunjukkan harga-harga saham kerap membuat masyarakat pening. Angka-angka yang terus bergerak itu melahirkan kesimpulan dini kalau investasi saham itu benar-benar rumit.

Menariknya, kedua pandangan di atas terbantahkan karena investasi saham saat ini sangat terjangkau dan tak sesulit yang dibayangkan, semisal melalui aplikasi IPOTGO besutan PT Indo Premier Sekuritas.

Pertama, investasi saham tak perlu lagi modal hingga jutaan, tetapi bisa dimulai dengan modal awal Rp.100.000,- saja. Uang Rp.100.000,- tentu saja bisa dengan mudah disiapkan oleh investor, karena mahasiswa yang uangnya cekak saja bisa investasi saham dengan modal yang cekak itu.

Kedua, investasi saham tak sesulit yang dibayangkan. Karumitan angka itu hanya di bayangan, karena dalam praktiknya investor saham biasanya fokus pada naik-turunnya harga, bukannya pada sederet angka yang seolah-olah harus dibaca dan dianalisis semuanya.

Berbekal kemampuan analisis fundamental dan teknikal, investasi saham mudah dilakukan. Apalagi, berbekal smartphone di genggaman tangan karena sudah berbekal aplikasi, investasi saham tak serumit yang dibayangkan. 

Siapa pun bisa menikmati investasi saham dengan modal terjangkau dan tanpa kerumitan. Kerumitan itu hanya ada dalam pikiran.

VIDEO PILIHAN