Mohon tunggu...
Dhea Anggraini
Dhea Anggraini Mohon Tunggu... Suka jalan-jalan

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tiga Pantangan Saat Siapkan Liburan Akhir Tahun

7 November 2019   09:51 Diperbarui: 7 November 2019   09:57 48 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Pantangan Saat Siapkan Liburan Akhir Tahun
Liburan Akhir Tahun (Foto: Money Kompas)

Liburan akhir tahun banyak diinginkan siapa pun mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, pekerja hingga para orangtua. Dan tak terasa, momen itu sudah tidak lama lagi. Sudah siap liburan?

Kalau sudah siap berarti kamu memang lagi butuh hiburan karena inti utama liburan akhir tahun sendiri tentu saja kebahagian. Untuk apa melakukan liburan, tapi nggak bahagia? Oleh sebab itu, biar mendatangkan kebahagiaan, tak ada salahnya menyiapkan liburan akhir tahun dengan seksama matang.

Berikut ini 3 pantangan yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan liburan akhir tahun biar kebahagiaan dan sukacita itu benar-benar terwujud:

1. Pelit saat buat budget
Kesalahan umum yang kerap ditemukan saat menyiapkan liburan yaitu budgeting yang terlalu minim. Memang sih, meminimalkan budget itu penting, namun perlu diingat adalah tujuan liburan itu sendiri. Jangan sampai tujuan kebahagiaan dalam liburan tidak didapat karena budget yang ngepres. Oleh sebab itu, jangan terlalu pelit lah dalam budgeting.

2.  Dana dadakan
Budget liburan akhir tahun itu biasanya tidak sedikit. Oleh sebab itu, jangan siapkan dana liburan akhir tahun secara dadakan. Rutin dan konsisten menyisihkan 10% dari gaji bulanan yang dialokasi secara khusus untuk liburan akhir tahun tentu solusi yang tepat. Sistem "cicilan" tiap bulan ini akan membuat pengeluaran tidak terasa berat. Karena disiapkan sejak jauh hari, dana khusus liburan akhir tahun itu perlu ditabung di tabungan modern yang memberikan akumulasi nilai uang lebih dari tabungan konvensional, semisal aplikasi tabungan online IPOTPAY, yang memberikan imbal hasil (return) 7-9% per tahun. Ini berbeda dengan tabungan konvensional yang bunganya kecil jauh di bawah inflasi.

3. Utang untuk berlibur
Pantangan ketiga saat menyiapkan liburan akhir tahun yakni utang. Sebisa mungkin dana liburan akhir tahun disiapkan sejak jauh dari dan dalam budgeting pun menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Liburan yang bertujuan mendapatkan kebahagiaan jangan hanya bertahan saat liburan, tetapi hari-hari setelah menikmati liburan tidak bahagia. Kalau liburan akhir tahunnya saja didanai dengan cara utang maka beban keuangan dan kebahagiaan liburan akan punah begitu pulang liburan karena langsung harus menanggung utang. Kalau dana untuk liburan memang terbatas maka pilih saja liburan yang sesuai budget. Yang namanya utang, bagaimana pun memberatkan kesehatan keuangan.

VIDEO PILIHAN