Mohon tunggu...
Raihan Muhammad
Raihan Muhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pejuang Senyum

Merdeka dalam berpikir, bertindak, dan bersuara.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kenapa Orang Bodoh Cenderung Suka Marah?

26 November 2021   14:57 Diperbarui: 27 November 2021   00:06 521 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: diolah pribadi

Spesies manusia yang paling menyebalkan adalah orang yang suka marah-marah, apa-apa mudah tersinggung. Anehnya lingkaran pertemanannya juga sejenis seperti itu, agresif dan cenderung suka menghakimi. 

Lingkaran pertemanan akan menentukan perilaku seseorang, apabila seseorang berada di dalam lingkaran pertemanan orang-orang yang baik, maka kualitas orang itu kemungkinan besar juga akan baik. 

Sebaliknya, jika seseorang berada di lingkaran pertemanan yang memiliki sifat agresif, suka menghakimi, dan selalu merasa paling benar atau baik dibandingkan orang lain, maka dapat dipastikan kualitasnya tidak akan lebih baik dari tumpukan sampah. Jadi, bisa dibilang kualitas perilaku kita juga ditentukan oleh orang-orang di sekitar kita, dengan siapa kita bergaul, bagaimana pola pikirnya, dsb.

Sebetulnya apa yang mereka pikirkan mengenai sikap mudah menghakimi orang lain dan suka marah tersebut? Apakah mereka berpikir dengan marah dan menghakimi orang lain akan disegani dan dihormati orang lain? Apakah dengan penghakiman tersebut mereka merasa bahwa sudah paling pintar dan paling benar?

Sebenarnya orang yang mudah marah dan menghakimi orang lain adalah salah satu kebiasaan orang bodoh alias dungu. Kalau mereka berpikir bahwa orang akan segan dan hormat kepadanya, itu adalah keliru dan hanya halusinasi otaknya yang bebal dan bedebah. 

Semakin orang mudah marah justru mereka sedang mempertontonkan atau menelanjangi pikiran di hadapan publik bahwa dirinya itu bodoh, karena mereka tidak mampu berpikir dengan baik sehingga mereka membalut kebodohan atau kelemahannya itu dengan cara marah-marah ditambah penghakiman. 

Apakah orang lain akan segan dan takut kepadanya? Tidak sama sekali, justru orang yang melihat atau mendengarnya akan kasihan menyaksikan tingkah bodohnya.

Studi Mengenai Hubungan Marah dengan Kebodohan

Orang cerdas memiliki kemampuan untuk melihat dan memahami  berbagai macam perspektif dari orang lain, sedangkan orang bodoh cenderung berpikiran sempit merasa hanya sudut pandangnya yang paling benar. 

Orang bodoh akan bereaksi terhadap setiap sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan mereka, maka mereka akan cenderung mudah marah dan menghakimi orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan