Mohon tunggu...
Raihan Putratama Bintang Hema
Raihan Putratama Bintang Hema Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - aku manusia

intinya itu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pancasila? Mengapa Harus Pancasila?

28 Oktober 2021   22:53 Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:18 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut KBBI biasa di KBBI karena saya punya KBBI Pancasila adalah dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Indonesia lebih tepatnya Republik Indonesia yang terdiri dari lima sila Ya sendirilah lima sila Sebutkan Nanti terlalu banyak pembahasannya.  

Yang dicetuskan oleh Fatherfounding dari bangsa Indonesia saat sidang BPUPKI 3 cetusan tentang dasar negara Indonesia yang dipilih dan yang di apa itu namanya disaring dari beberapa pendapat para fodder sounding Yang terdiri atas ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan yang kemudian dijadikan Pancasila yang ditulis pertama kali di Piagam Jakarta dan kemudian diperbarui kembali di pembukaan undang-undang dasar 1945 pada sidang PPKI setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. pancasila ini bisa disebut sebagai ideologi campuran yang menggabungkan antara liberalisme serta sosialisme atau komunis. 

Pancasila sendiri memiliki apa yang namanya pertentangan dalam perjalanannya sebagai ideologi atau dasar negara Indonesia mulai dari penolakan dari  DI/TII, Kelompok komunis dan lain sebagainya yang pada puncaknya Kesaktian Pancasila bukan main memang pada saat setelah terjadinya G30S PKI pada 1 Oktober 1965 yang sampai sekarang dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Pancasila.

Lalu Mengapa apa para pendiri bangsa kita tidak menggunakan ideologi-ideologi yang telah ada atau bisa dikatakan ya dasar negara lah menggunakan prinsip-prinsip yang sudah ada seperti arti liberalisme itu tadi dan komunisme yang sedang populer pada saat itu Mengapa tidak menggunakan ideologi tersebut Mari kita kupas dalam artikel berikut ini.

Seperti biasa para pembaca yang Budiman saya meminta maaf karena Tatanan dari artikel saya ini terkesan seperti berbicara atau bisa dikatakan cukup amburadul karena saya kalau mengetik cukup lama jadi cukup memakan waktu lama lah kalau membuat artikel memang hanya seminggu sekali saya upload tapi tugas kuliah cukup menumpuk jadi supaya saya tidak membuat para pembaca saya ya kecewa dan saya sendiri agar bisa memberikan informasi terkait tulisan-tulisan saya saya menggunakan suatu fitur yang ada pada Google dokumen ya bisa lewat word tapi saya nggak bisa soalnya laptop saya masih Windows 7 terus Microsoft Word nya Microsoft Office nya itu masih ih 2007 jadi enggak bisa untuk teknologi seperti itu itu hanya saya menggunakan Ya kembali ke topik kita bahas tentang ideologi ideologi yang tidak dipilih oleh para pendiri bangsa kita yaitu Indonesia ya Mohon maaf untuk para pembaca selain di Indonesia karena ya Saya ber warga negaraan Indonesia makanya menulisnya tentang Indonesia.

 Kita mulai dari ideologi yang cukup meresahkan Indonesia pada kala nya tumbuh besar karena dendam di masa lalu kemudian mati karena kelakuannya yang kurang ajar yaitu komunisme. komunisme adalah ideologi yang menganut marxisme atau leninisme yang diciptakan oleh kalimat tentunya yang menghapuskan hak milik perseorangan dan diganti dengan hak milik bersama dan dikontrol penuh oleh negara. 

yang dikontrol penuh oleh negara disini ya semua aspek sudah mulai dari politik ekonomi dan lain sebagainya lah intinya semua yang ada di negara-negara lain itu semuanya dikekang atau dipegang sendiri oleh pemerintahan tapi dengan imbalan para rakyatnya mendapatkan pembagian secara rata dari negara. 

Marxisme sendiri atau komunisme populer pada saat terjadinya Revolusi bolshevik yang meruntuhkan dinasti Rusia pada saat itu yang dipimpin oleh raja Nicholas revolusi ini dipimpin oleh Leni yaitu seorang presiden pertama dari Republik Sosialis Sofia atau yang kita biasa kenal Uni Soviet. 

Mengapa Indonesia tidak menggunakan komunisme karena Indonesia sendiri cocok harusnya untuk komunisme Mohon maaf saya cukup keras untuk ini karena negaranya agraris rata-rata negara komunis itu seperti itu kayak revolusi buruh dan lain sebagainya tapi Indonesia tidak cocok untuk itu karena masa mau kalian kekayaan kalian dibagi kepada masyarakat luas yang lebih tak giat daripada kalian kalian sudah kerja keras untuk mendapatkan yang terbaik eh ternyata penghasilan kalian atau hasil yang kalian dapatkan dari jerih payah sendiri itu dibagi dan dikuasai negara 

kemudian Kenapa Indonesia tidak cocok untuk komunisme karena Indonesia menganut agama banyak agama masyarakatnya banyak menganut agama agama 

Jadi cukup mengancam mereka terutama komunis pada saat itu yang dipegang oleh PKI cukup membahayakan kerukunan agama di Indonesia Ya kurang lebih seperti itulah yang saya tangkap dari komunisme Mengapa tidak bisa diterapkan di Indonesia lanjut kita ke ideologi sakitnya yaitu liberalisme.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun