Mohon tunggu...
Raihanatuqalby Btaviananda
Raihanatuqalby Btaviananda Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

I was born to tell stories.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mengenal Profil Risiko dalam Dunia Investasi, Ada Apa Saja?

3 Januari 2023   09:30 Diperbarui: 3 Januari 2023   09:40 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Teman-teman, kalau kamu sudah sudah mengetahui bagaimana para orang terkaya di dunia berinvestasi, sekarang ada baiknya juga kamu tahu tentang profil risiko. Mengetahui profile risiko ini penting banget loh, teman-teman. 

Kenapa? Karena kamu jadi bisa tahu strategi apa yang harus kamu gunakan nantinya saat berinvestasi. Ini juga akan membantu kamu agar terhindar dari kerugian saat melakukan investasi

Apa Itu Profil Risiko? 

Sederhananya, profil risiko adalah tingkat toleransi seseorang atas sebuah resiko atau konsekuensi dalam berinvestasi. Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah setiap individu memiliki toleransi yang berbeda terhadap risiko pasar berdasarkan beberapa faktor. Misalnya, pendapatan, usia, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, profil risiko membantu para investor dan para penasihat keuangan untuk membuat portofolio investasi secara spesifik dengan campuran aset yang berkorelasi dengan profil risikonya. 

Fyi, perusahaan juga menggunakan istilah 'profil risiko' untuk menentukan potensi ancaman yang mereka hadapi. Dengan mengidentifikasi profil risiko, perusahaan dapat mengambil tindakan korektif untuk meminimalisir atau bahkan mencegah kerugian yang akan datang

Toleransi risiko, di sisi lain, mengacu pada kesediaan investor untuk mengambil risiko atau tingkat volatilitas pengembalian yang siap dihadapi. Contoh profil risiko yang berkaitan dengan penghindaran risiko adalah individu yang lebih suka mempertahankan nilai portofolionya daripada mengincar pengembalian yang tinggi atau bahkan sedang.

Selain profile resiko, ada juga tingkatan investasi mulai dari low risk sampai high risk. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi profil risiko dan jenis-jenis profil risiko sendiri? 

Faktor Profil Risiko

Para investor biasanya sering memeriksa kondisi keuangan mereka. Harus ada keseimbangan antara aset dan liabilitas, hal ini berguna untuk mengevaluasi tingkat risiko yang dapat mereka ambil.

Misalnya, seorang individu yang memiliki beberapa aset yang dimilikinya dibandingkan dengan kewajiban yang sangat sedikit kemungkinan besar akan menjadi pencari risiko. Seseorang dengan modal pensiun yang cukup, dana darurat, dan tidak ada pinjaman akan masuk dalam kategori tersebut.

Karena keadaan keuangan investor seperti itu tidak akan sangat menderita karena volatilitas pasar jangka pendek, mereka dapat melihat gambaran yang lebih besar dari pengembalian eksponensial dengan biaya tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun