Mohon tunggu...
Raihan Faisal Rizqi Akbar
Raihan Faisal Rizqi Akbar Mohon Tunggu... Semoga Bermanfaat

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (NIM : 20107030081)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Alasan Mengapa Studio Ghibli Lebih Baik daripada Studio Disney!

30 Maret 2021   06:21 Diperbarui: 30 Maret 2021   06:35 304 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan Mengapa Studio Ghibli Lebih Baik daripada Studio Disney!
Sumber: https://www.deviantart.com/

Apa kalian pernah mendengar film berjudul Spirited Away? My Neighbor Tottoro ? atau Princess Mononoke? Atau mungkin kalian adalah penggemar dari ketiga film ini? Atau mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah tau apa yang ingin aku bahas hari ini...

Hari ini aku bakal bahas tentang Studio Ghibli. Siapa si yang ga kenal sama studio kece yang satu ini?! Mungkin banyak dari kalian yang udah tau, tapi aku bakal kasih tau nih sama kalian yang belum tau tentang studio animasi yang satu ini.

Sejarah singkat mengenai Studio Ghibli

Studio Ghibli merupakan salah satu studio animasi yang terbesar di jepang dan juga terfavorit di seluruh dunia. Studion ini didirikan pada tanggal 15 Juni 1985 di Tokyo oleh 3 orang, yaitu Isao Takahata, Toshio Suzuki dan produser film yang cukup terkenal  yaitu Hayao Miyazaki.

Berdasarkan data yang saya kutip dari Wikipedia, Nama Ghibli sendiri berasal dari bahasa italia yang berarti "angin panas yang tertiup menyusuri Gurun Sahara" nama ini digunakan karena para pendirinya memiliki harapan agar studio ghibli dapat meniup angin baru terhadap industri anime.

Studio ini merilis film anime pertamanya pada tahun 1986 yang berjudul Tenkuu no Shiro Rapyuta atau dalam bahasa inggris biasa disebut Laputa : Castle in The Sky. Dalam perkembanganya studio ini harus melewati rintangan yang cukup sulit karena pada saat itu industri Anime tidak terlalu berkembang dan malah dipandang rendah. Pada saat itu Anime tidak umum di Jepang, sehingga jumlah bioskop yang menayangkan filme anime serta penontonya juga tidak banyak dan sangat terbatas.

Namun Studio Ghibli tidak gentar dalam menghadapi rintangan tersebut. Pada tahun 1989 Studio Ghibli melakukan terobosan dengan merilis Film dengan judul Kiki's Delivery Service, yang kemudian dengan ramainya iklan yang ada di tv film ini dapat laku dengan keras. Setelah itu Hayao Miyazaki dan Toshio Suzuki mulai melanjutkan terobosan tersebut dengan merilis lebih banyak hits setelah Film Kiki's Delivery Service.

Banyak alasan yang menjadikan Studio Ghibli menjadi sepopuler seperti sekarang ini. Meskipun studio Ghibli tidak seterkenal Disney namun ada beberapa alasan yang menurut saya studio Ghibli lebih baik daripada Studio Disney.

1. Memiliki visual yang terlihat seperti lukisan

https://id.pinterest.com/pin/317011261276848854/
https://id.pinterest.com/pin/317011261276848854/
Hampir dari setiap Film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli memiliki visual yang terlihat seperti lukisan, sehingga ketika melihatnya seakan akan sedang melihat lukisan yang hidup. Selain itu meskipun memiliki visual yang terlihat seperti lukisan, setiap scene dari Film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli juga memiliki detail yang mengesankan.

2. Ceritanya tidak selalu tentang cinta atau kisah romansa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN