Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Olahraga Purna Tugas

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Purna Tugas Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bola

Singkirkan Amerika Serikat, Belanda Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

5 Desember 2022   11:19 Diperbarui: 5 Desember 2022   11:33 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                       (Memphis Depay/Pencetak Gol Pertama Belanda Dok: afpforum.com)

Partai pertama babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang dimainkan hari Sabtu (3/12/2022) pukul 22.00, dihadapan 44.846 penonton, Belanda berhasil menyingkirkan Amerika Serikat. Dalam duel yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, Al-Rayyan, Qatar, Belanda dengan status juara grup A berhasil menyingkirkan Amerika Serikat sebagai runner up grup B dengan skor 3-1.

Hasil kemenangan melawan tim peringkat 16 dunia tersebut menghantarkan Belanda yang berada di posisi delapan peringkat dunia FIFA menjadi tim pertama menuju ke perempat final Piala Dunia 2022.

Pada babak pertama, Belanda langsung unggul atas Amerika Serikat dengan skor 1-0. Belanda unggul berkat gol yang dicetak oleh penyerang Memphis Depay pada menit ke 10 setelah menerima umpan dari Denzel Dumfries. Skor 1-0 bertahan sampai waktu normal babak pertama berakhir.

Pada masa injury time babak pertama, barisan pertahanan Amerika Serikat kembali dijebol oleh Belanda sehingga mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Gol kedua Belanda dicetak oleh pemain gelandang Daley Blind pada menit 45+1 setelah menerima umpan dari Denzel Dumfries. Skor 2-0 untuk Belanda tidak berubah sampai wasit Wilton Sampaio meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Amerika Serikat berhasil memperkecil ketinggalannya lewat gol yang dicetak oleh pemain penyerang Haji Wright pada menit ke 76 setelah menerima umpan dari Christian Pulisic sehingga merubah kedudukan sementara menjadi 1-2 masih untuk keunggulan Belanda. Lima menit kemudian, Belanda kembali menambah keunggulannya atas Amerika Serikat dengan skor 3-1 melalui gol yang dicetak oleh pemain gelandang Denzel Dumfries pada menit ke 81 setelah menerima umpan dari Daley Blind.

Pertandingan pun berakhir untuk kemenangan tim Belanda dengan kedudukan sampai peluit panjang dibunyikan wasit tanda berakhirnya pertandingan tetap 3-1. Setelah pertandingan tersebut, secara head to head dari tujuh pertemuan antara kedua tim, Belanda tetap lebih unggul atas Amerika Serikat dengan lima kemenangan berbanding satu kekalahan dan satu draw.

Selanjutnya di perempat final, Belanda akan menghadapi Argentina yang mengalahkan Australia 2-1 di babak 16 besar. Selamat menikmati pesta sepakbola Piala Dunia 2022.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun