Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Peran Kegiatan Olahraga dalam Memasyarakatkan Pariwisata Lombok Melalui MotoGP Mandalika

18 November 2021   23:34 Diperbarui: 20 November 2021   02:04 97 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(KEK Mandalika Dok: travel.okezone.com)

Pada bulan Februari tahun 2019, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengkonfirmasi bahwa Sirkuit Internasional Mandalika akan menggelar MotoGP selama 3 musim, dari musim 2021 sampai musim 2023. MotoGP adalah salah satu kegiatan olahraga balap motor internasional yang sangat popular dan digemari oleh masyarakat dunia.

Sejak dikonfirmasi akan menggelar MotoGP, nama Mandalika-Lombok menjadi sebuah topik yang hangat diperbincangkan, terutama bagi para penggemar balap motor internasional, MotoGP. Hal ini dikarenakan pembangunan sirkuit balap bertaraf internasional tersebut berada di kawasan Mandalika-Lombok.

Mandalika-Lombok atau DSP Mandalika adalah salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang begitu banyak memiliki objek wisata. Objek wisata yang ada di Mandalika-Lombok antara lain wisata olahraga, wisata budaya dan wisata alam.

Beberapa obyek wisata alam potensial unggulan antara lain pantai terbaik Kuta Mandalika, Tanjung Bango, Selong Belanak, dan kepulauan Gili. Selain wisata pantai, wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi antara lain Gunung Rinjani, Bukit Merese, Tetebatu, Air Terjun Sendang Gile, Desa Bilok Petung, dan Hutan Monyet Pusuk.

Selain obyek wisata alam, terdapat juga beberapa obyek wisata olahraga yang potensial antara lain balap sepeda, balap mobil, lari marathon, triathlon, mendaki gunung, trekking, motocross, dan olahraga air seperti selancar dan paralayang. Dan disini pula terdapat sirkuit balap yang mendebarkan, Sirkuit Internasional Mandalika.

Sirkuit Internasional Mandalika yang secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4310 m dengan 17 tikungan. Kapasitas penonton 50.000 tempat duduk di grandstand dan total mencapai 195.700 penonton.

Pada tanggal 12 November 2021, Presiden RI Joko Widodo meresmikan sirkuit Mandalika beserta infrastruktur pendukungnya. Beliau kemudian mengendarai motor mengelilingi sirkuit.  

Rencananya Sirkuit Internasional Mandalika akan menggelar MotoGP musim 2021, akan tetapi terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19 dan ditunda hingga tahun 2022. Sirkuit ini selain akan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP musim 2022, juga menjadi tuan rumah ajang Kejuaraan Dunia Superbike musim 2021 dan Asia Talent Cup. Sirkuit ini selain menggelar lomba, juga menjadi tempat digelarnya tes pramusim MotoGP musim 2022 dari tanggal 11 sampai tanggal 13 Februari 2022.

Asia Talent Cup yang merupakan balapan pertama akan digelar untuk pertama kalinya pada tanggal 19 November tahun 2021 ini. Kompetisi balap motor skala international ini digelar di Mandalika, yang merupakan surga terindah di jantung Lombok, dengan keunikan pada tradisi dan alam Mandalika sebagai latar belakang lomba.

Mandalika, berada disepanjang pantai selatan pulau Lombok yang indah, dengan hamparan pasir putih yang panjang dan lebar menghadap ke Samudra Hindia yang berkilauan. Di latar belakangnya adalah perbukitan hijau subur dan pemandangan yang mempesona.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan