Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Perjalanan Tim Panahan Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020

14 Agustus 2021   12:02 Diperbarui: 14 Agustus 2021   12:08 149 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perjalanan Tim Panahan Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020
(Tim Panahan Indonesia Dok: itoayu.com)

Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan sepak terjang tim Panahan Indonesia dalam mengikuti Olimpiade Tokyo yang diselenggarakan di Yumenoshima Ranking Field, Tokyo, Jepang dari tanggal 23 s/d 31 Juli 2021 yang baru lalu. Dalam gelaran kegiatan multievent paling bergengsi ini, Indonesia berhasil menempatkan empat atlet panahan terbaiknya yang masuk dalam daftar peserta setelah melewati rangkaian kualifikasi. Empat pemanah terbaik Indonesia tersebut terdiri dari satu putri dan tiga putra.

Di kelompok putri, yang lolos adalah Diananda Choirunisa yang tampil untuk nomor individual putri dan beregu campuran. Di kelompok putra yang lolos adalah Arif Dwi Pangestu yang tampil untuk nomor individual putra dan beregu putra. Alviyanto Prastiyadi yang tampil untuk nomor individual putra dan beregu putra. Riau Ega Salsabilla yang tampil untuk nomor individual putra, beregu putra dan beregu campuran.

1. Perjalanan Diananda Choirunisa

(Diananda Choirunisa Dok: olympics.com)
(Diananda Choirunisa Dok: olympics.com)

Diananda Choirunisa mengawali kiprahnya di hari pertama cabang olahraga Panahan, tampil tanggal 23 Juli 2021 pukul 09.00 waktu setempat. Diananda yang merupakan peringkat 33 dunia tampil di babak penentuan peringkat bersama dengan 64 pemanah untuk nomor individual putri. Diananda berakhir di peringkat 40 dengan meraih skor 631 dan dinyatakan lolos kebabak 32 besar.

Babak 32 besar individual putri dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2021 pukul 09.56 waktu setempat. Diananda berhadapan dengan Maja Den Jager dari Denmark. Set pertama Jager meraih skor 23 sedangkan Diananda meraih skor 22 sehingga set pertama untuk Jager dengan poin 2-0.

Di set kedua, Diananda berhasil meraih skor 26 sedangkan Jager meraih skor 24 sehingga set kedua untuk Diananda dengan poin 2-0. Kedudukan sementara setelah memainkan dua set menjadi 2-2. Sayang pada set ketiga dan keempat berhasil dimenangkan Jager dengan skor (26-22 dan 26-25) sehingga Jager memastikan kemenangannya atas Diananda dengan poin 6-2.

Untuk nomor beregu campuran, Diananda tampil berpasangan dengan Riau Ega Salsabilla di babak 16 besar. Mereka tampil di hari kedua tanggal 24 Juli 2021 pukul 10.27 waktu setempat. Diananda/Ega berhadapan dengan Mac Kenzie/Brady Ellison dari Amerika Serikat. Set pertama Diananda/Ega meraih skor 37 sedangkan Kenzie/Ellison meraih skor 34 sehingga set pertama untuk Diananda/Ega dengan poin 2-0.

Di set kedua, Diananda/Ega berhasil meraih skor 36 sedangkan Kenzie/Ellison meraih skor 33 sehingga set kedua untuk Diananda/Ega dengan poin 2-0. Kedudukan sementara setelah memainkan dua set menjadi 4-0 untuk Diananda/Ega. Pada set ketiga dan keempat berhasil dimenangkan Kenzie/Ellison dengan skor (34-33 dan 37-36) sehingga kedudukan menjadi sama dengan poin 4-4.

Pada set pendek sebagai tambahan, akhirnya pasangan Diananda/Ega berhasil menang dengan skor 20-18, sehingga pasangan Diananda/Ega memastikan kemenangannya atas Kenzie/Ellison dengan poin 5-4. Atas kemenangan tersebut mengantarkan pasangan Diananda/Ega lolos ke babak perempat final.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan