Mohon tunggu...
Dr. Raiders Salomon Marpaung.
Dr. Raiders Salomon Marpaung. Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Perjalanan Tim Bulutangkis Indonesia Dalam Olimpiade Tokyo 2020

8 Agustus 2021   14:02 Diperbarui: 8 Agustus 2021   14:11 329 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Greysia Polii/Apriani Rahayu Dok: olympics.bwfbadminton.com)

Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan sepak terjang tim bulutangkis Indonesia dalam mengikuti Olimpiade Tokyo yang diselenggarakan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang dari tanggal 24 Juli s/d 2 Agustus 2020 yang baru lalu. Dalam gelaran kegiatan multievent paling bergengsi ini, Indonesia berhasil menempatkan tujuh wakilnya yang masuk dalam daftar peserta setelah melewati rangkaian kualifikasi yang panjang. Tujuh wakil Indonesia tersebut mewakili sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Di sektor tunggal putra, yang lolos adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Di sektor ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulyo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Di sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriani Rahayu. Di sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Terakhir di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung.

1. Perjalanan Anthony Sinisuka Ginting

(Anthony Sinisuka Ginting Dok: olympics.bwfbadminton.com)
(Anthony Sinisuka Ginting Dok: olympics.bwfbadminton.com)
                                                                           

Dalam babak penyisihan, peringkat lima dunia Anthony Sinisuka Ginting tergabung di group J bersama dengan peringkat 94 dunia Gergely Krausz dari Hongaria dan peringkat 77 dunia Sergey Sirant dari Rusia. Anthony Sinisuka Ginting tampil super power, menang telak 21-13, 21-8 atas Gergely Krausz dan 21-12, 21-10 atas Sergey Sirant. Atas dua kemenangan tersebut mengantarkan Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi kelima tampil sebagai juara group J dan lolos ke babak perdelapan final.

Dibabak perdelapan final, Anthony Ginting berhadapan dengan Kanta Tsuneyama dari Jepang.  Anthony Ginting berhasil menunjukkan kelasnya sebagai pemain kelas dunia dengan menenggelamkan peringkat 13 dunia Kanta Tsuneyama lewat kemenangan.dua set langsung dengan skor 21-14, 21-18.

Atas kemenangan tersebut, Ginting melaju ke babak perempat final berhadapan dengan pemain tangguh peringkat tiga dunia Anders Antonsen dari Denmark yang diunggulkan di posisi ketiga. Anthony Ginting lagi-lagi menunjukkan kelasnya sebagai pemain kelas dunia dengan menyingkirkan Anders Antonsen lewat kemenangan.rubber set dengan skor 21-18, 15-21, 21-18.

Ginting melaju ke babak semifinal berhadapan dengan pemain tangguh peringkat enam dunia Chen Long dari China yang diunggulkan di posisi keenam. Sayang, dibabak semifinal Ginting gagal meembendung pemain Cjina tersebut dan harus menerima kekalahan dengan skor 16-21, 11-21.

Hasil ini, memaksa Anthony Sinisuka Ginting bertarung dalam perebutan medali perunggu berhadapan dengan pemain peringkat 59 dunia Kevin Cordon dari Guatemala. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Ginting dua set langsung dengan skor 21-11, 21-13 untuk memastikan meraih medali perunggu.

2. Perjalanan Jonatan Christie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan