Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Indonesia Diwakili Empat Pecaturnya di Piala Dunia Catur 2021

13 Juli 2021   09:24 Diperbarui: 13 Juli 2021   09:31 343 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Diwakili Empat Pecaturnya di Piala Dunia Catur 2021
(Dok: worldcup.fide.com)

                                                                                                                 

Pesta sepak bola terbesar di Eropa Euro 2020 dan pesta sepakbola terbesar di Amerika Copa America 2021 telah usai. Kini saatnya kita ikuti pesta catur terbesar di dunia FIDE World Cup 2021. Turnamen tersebut diselenggarakan di Sochi, Rusia dari tanggal 10 Juli s/d tanggal 8 Agustus 2021.

FIDE World Cup dinilai sebagai ajang terbesar di dunia dalam cabang olahraga catur karena untuk tampil di turnamen ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat pemain yang berhak ikut antara lain: sebagai juara bertahan, empat peringkat terbaik kejuaraan dunia sebelumnya, juara dunia kelompok umur U 20, 13 pemain dengan elo rating tertinggi, lolos dari kualifikasi untuk mewakili benua masing-masing, lolos kualifikasi zonal masing-masing dan wild card untuk negara yang masuk dalam kategori Top Division (40 besar dunia) dalam olimpiade catur tahun lalu.

Penyelenggaraan kali ini diikuti oleh 206 peserta untuk FIDE World Cup dan 103 peserta untuk Women's World Cup. Untuk kali ini Indonesia berhasil mencatat rekor baru, karena berhasil meloloskan empat wakilnya ke turnamen ini. Keempat wakil Indonesia tersebut adalah:

1. GM Susanto Megaranto

GM Susanto Megaranto lolos ke Fide World Cup 2021 melalui jalur wild card. Bagaimana ceriteranya GM Susanto Megaranto mendapat jatah wild card tersebut? Ternyata ceriteranya diawali dengan perolehan fasilitas jatah wild card untuk Indonesia.

Indonesia memiliki keistimewaan mendapatkan wild card karena prestasi Indonesia dalam olimpiade catur tahun lalu yang berhasil masuk dalam kategori Top Division (40 besar dunia). Keuntungan jatah wild card tersebut dimanfaatkan dengan mengirimkan pecatur terbaik. Untuk itu PB PERCASI bekerjasama dengan JAPFA Comfeed Indonesia mengadakan seleksi dengan titel "JAPFA Grand Master Duel Match" yang diikuti oleh dua pecatur terbaik Indonesia berdasarkan elo rating FIDE tertinggi yaitu GM Susanto Megaranto dan GM Novendra Priasmoro.

Dalam partai normal empat babak kedua pecatur bermain imbang 2-2 sehingga berlanjut ke partai sudden death, menggunakan aturan catur cepat. Pertarungan sudden death itu pun akhirnya dimenangkan oleh GM Susanto Megaranto. Hasil ini membawa GM Susanto Megaranto untuk keempat kalinya meraih tiket ke Piala Dunia Catur.

2. IM Mohamad Ervan

IM Mohamad Ervan lolos ke Fide World Cup 2021 melalui kualifikasi dalam turnamen Asian Individual Hybrid Chess Championships 2021 yang memperebutkan tujuh jatah tiket. IM Mohamad Ervan secara luar biasa berhasil merebut satu jatah tiket untuk mewakili Asia ke Piala Dunia Catur 2021. IM Mohamad Ervan menempati posisi keenam dengan raihan point 6,5.

3. GMW/IM Irine Kharisma Sukandar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x