Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Kebugaran Jasmani

10 Juni 2021   19:51 Diperbarui: 10 Juni 2021   19:59 51 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebugaran Jasmani
(Kebugaran Jasmani Dok: ditsmp.kemdikbud.go.id)

Sudah setahun lebih, pendidikan di Indonesia menerapkan work from home (WFH) bagi guru dalam mengajar dengan ruang belajar pembelajaran jarak jauh (PJJ). Proses belajar mengajar seperti ini menjadi tantangan bagi pemerintah, sekolah, guru, orang tua murid dan peserta didik, termasuk guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Dengan penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat aktivitas lebih banyak dilakkuan dirumah. Guru dan peserta didik banyak menghabiskan waktunya di depan komputer. Dalam kondisi seperti ini, mata pelajaran pendidikan jasmani adalah salah satu mata pelajaran yang harus tetap diberikan, bahkan bila memungkinkan jumlah jam pelajarannya ditambah.

Untuk itu guru PJOK perlu melakukan penyesuaian penyampaian materi ajar dengan melakukan pemetaan untuk memilih materi essensial yang akan diajarkan. Untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), salah satu materi ajar essensial yang perlu disampaikan kepada peserta didik kelas 9 adalah materi tentang kebugaran jasmani untuk tetap menjaga kebugaran jasmani para peserta didik.

A. Latihan Pengembangan Tubuh 

Latihan pengembangan tubuh adalah jenis latihan tubuh melalui bentuk-bentuk gerakan senam yang dilakukan untuk pembentukan tubuh sebelum melakukan gerakan senam yang sebenarnya atau melakukan gerakan cabang olahraga yang lainnya, yang dipergunakan sebagai latihan pemanasan. Oleh karena itu, latihan pengembangan tubuh juga dikatakan senam pemanasan. Jenis gerakan latihan pengembangan tubuh belum memerlukan keterampilan yang tinggi, tetapi masih merupakan gerakan-gerakan yang sederhana dan tidak melelahkan.

Beberapa gerakan dalam latihan pengembangan tubuh adalah jogging, berjalan, melompat, merangkak, berjangkit, atau jenis-jenis gerakan yang mengandung unsur-unsur kecepatan, kekuatan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, koordinasi, dan ketahanan tubuh.

Sebelum melakukan gerakan-gerakan senam yang sebenarnya atau melakukan latihan pada cabang olahraga yang lainnya, perlu melakukan latihan pemanasan badan (warming up) terlebih dahulu. Latihan pemanasan badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan cara lari-lari di tempat atau berkeliling lapangan (tetap menerapkan prokes) dengan pelan-pelan , loncat-loncat, menggerakkan seluruh anggota tubuh mulai dari leher sampai ke kaki.

 B. Bentuk-Bentuk Latihan Pengembangan Tubuh

1. Latihan Kekuatan (Strenght)

a. Latihan Kekuatan Otot Lengan

Latihan Berjongkok Bertumpu pada Telapak Tangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN