Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru - Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Budaya Hidup Sehat

2 Juni 2021   19:31 Diperbarui: 2 Juni 2021   19:38 125 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Budaya Hidup Sehat
(Pola Hidup Sehat Dok: man2banyuwangi.sch.id)

                                                                                                           

Di masa pandemi covid -19 ini, pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sehingga membuat guru melaksanakan work from home (WFH) dalam mengajar. Proses belajar mengajar seperti ini menjadi tantangan bagi guru, termasuk guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Kebijakan pemerintah tersebut disertai dengan dikeluarkannya surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020 terkait panduan pembelajaran di rumah selama masa pandemi mengharuskan guru untuk tidak membebani peserta didik melalui tuntutan capaian kurikulum sebagai syarat kenaikan kelas.

Untuk itu guru pun perlu melakukan penyesuaian penyampaian materi ajar dengan melakukan pemetaan untuk memilih materi essensial yang akan diajarkan. Untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), salah satu materi ajar essensial yang perlu disampaikan kepada peserta didik kelas 9 adalah tentang budaya hidup sehat.

A. Pola Hidup Sehat

Tujuan pendidikan kesehatan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah adalah untuk menanamkan kebiasaan atau pola hidup sehat kepada para siswa agar mereka dapat belajar dan tumbuh secara harmonis/selaras, efisien, dan optimal. Dengan diberikannya pendidikan kesehatan di sekolah, diharapkan para siswa dapat mengubah pengetahuan tentang kesehatan menjadi suatu kebiasaan atau pola hidup sehat.

Dengan demikian para siswa akan dapat tumbuh dan berkembang dengan selaras, sesuai dengan keadaan umur dan jenis kelaminnya serta bebas dari berbagai macam penyakit. Mereka pun diharapkan menjadi terampil, memiliki sikap dan tingkah laku yang positif, serta melaksanakan kebiasaan atau pola hidup sehat (pola tidur yang sehat, pola istirahat yang sehat, pola makan yang sehat), sehingga ia memiliki kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi adalah kesehatan yang dimiliki seseorang untuk membina keluarga dan masyarakat yang sehat.

B. Makanan Sehat dan Vitamin

Setiap hari manusia harus makan dan minum dengan frekuensi makan yang cukup yaitu tiga kali sehari dan teratur, karena kalau frekuensi makannya kurang dan tidak teratur akan mengakibatkan radang lambung. Apalagi kalau tanpa makan dan minum, manusia akan mati. Semua makhluk hidup juga akan mati jika tidak ada makanan dan minuman.

Oleh karena itu, kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah melimpahkan segala rakhmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga segala kebutuhan kita telah tersedia di bumi ini. Khususnya mengenai berbagai bahan makanan dan air yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Hanya sekarang bagaimana manusia dapat memanfaatkannya! Untuk menjaga dan memelihara kesehatan, kita harus dapat memilih makanan dan minuman yang sangat berguna bagi tubuh, yaitu makanan dan minuman yang sehat.

1. Makanan Sehat

Untuk menjaga dan memelihara kesehatan, kita harus makan makanan yang sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang paling berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kita, yaitu makanan yang bergizi tinggi. Makanan yang kita makan bukan hanya untuk mengganjal perut supaya menjadi kenyang saja tetapi juga harus dapat memberikan tenaga untuk hidup, bekerja, belajar, dan melakukan kegiatan yang lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN