Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru/Dosen

Nama :Drs. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru/Dosen

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Hampir Semua Penghuni Pelatnas Utama Tampil di Celcom Axiata Malaysia Open 2019

3 April 2019   19:29 Diperbarui: 3 April 2019   19:46 0 1 0 Mohon Tunggu...
Hampir Semua Penghuni Pelatnas Utama Tampil di Celcom Axiata Malaysia Open 2019
     (Dokumentasi: www.bulutangkis.com)

Rombongan pemain Indonesia yang diperkuat oleh sebagian besar penghuni pelatnas utama tampil kembali di turnamen dengan level super 750 Celcom Axiata Malaysia Open 2019 yang diselenggarakan dari tanggal 2 s/d 7 April 2019 di kota Kuala Lumpur Malaysia.

Dalam turnamen ini, Indonesia mengikutsertakan 25 wakilnya yang terdiri dari 4 pemain sektor tunggal putra, 2 pemain sektor tunggal putri, 6 pasangan sektor ganda putra yang antara lain diperkuat oleh pasangan terbaik dunia Marcus/Kevin yang diunggulkan di posisi pertama.

Selanjutnya 6 pasangan sektor ganda putri dan sektor ganda campuran yang mengirimkan 7 wakilnya. Berdasarkan daftar unggulan pemain, pemain Indonesia yang berpeluang besar untuk tampil sebagai juara adalah di sektor ganda putra yaitu pasangan Marcus/Kevin yang diunggulkan di posisi pertama.

Pemain Indonesia lainnya yang diunggulkan adalah Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi ketujuh sektor tunggal putra. 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan diunggulkan di posisi keenam dan Fajar/Rian diunggulkan di posisi kedelapan sektor ganda putra, Greysia/Apriyani diunggulkan di posisi keempat sektor ganda putri, Hafiz Faizal/Gloria diunggulkan di posisi kedelapan sektor ganda campuran.

Memasuki babak pertama, saat artikel ini dibuat di sektor tunggal putra baru menurunkan dua pemain, salah satunya lolos ke babak kedua. Pemain yang lolos ke babak kedua yaitu Jonatan Christie yang mengalahkan pemain Prancis Brice Leverdez dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-12.

Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi ketujuh secara mengejutkan harus angkat koper dari Celcom Axiata Malaysia Open 2019 setelah menderita kekalahan melalui pertarungan rubber set dari pemain Jepang Kenta Nishimoto dengan skor 21-18  13-21 dan 21-23.

Berikutnya sektor ganda putra, dua dari tiga pasangan yang sudah diturunkan berhasil lolos kebabak kedua. Pasangan non unggulan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso menjadi pembuka lolos ke babak kedua setelah membuat kejutan berhasil menang rubber set atas pasangan unggulan kelima Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark dengan skor 21-19  24-26 dan 21-8.

Diikuti pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang diunggulkan di posisi keenam, menang dua set langsung atas pasangan Thailand Bodin Isara/Manepong Jongjit dengan skor 21-16  21-19.

Sementara itu, pasangan Berry Angriawan/Hardianto gagal mengikuti jejak rekan-rekannya lolos ke babak kedua setelah menderita kekalahan melalui pertarungan rubber set dari pasangan unggulan kedua Li Junhui/Liu Yuchen dari China dengan skor 21-19  14-21 dan 15-21.

Selanjutnya sektor ganda putri cukup memprihatinkan, dari enam pasangan ganda putri yang diturunkan, hanya dua pasangan yang berhasil melewati babak pertama. Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta berhasil menang dua set langsung atas pasangan rekan senegaranya Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto dengan skor 21-15  22-20.

Diikuti oleh pasangan Greysia/Apriyani sebagai unggulan keempat, menang mudah dua set langsung atas pasangan USA Ariell Lee/Sidney Lee dengan skor 21-9  21-10.

Sementara itu tiga pasangan ganda putri lainnya gagal melaju ke babak kedua, Anggia Shitta Awanda/Pia Zebadiah Bernadet kalah dari pasangan unggulan ketiga Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dari Jepang dengan skor 19-21 dan 11-21.

Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah kalah dari pasangan Korea Selatan Kim Hye Jeong/Kong Hee Yong dengan skor 16-21 dan 16-21. Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari pasangan China Dong Wenjing/Feng Xueying dengan skor 6-0 (mengundurkan diri).

Berikutnya, yang paling menjanjikan adalah di sektor ganda campuran. Dari tujuh pasangan yang diturunkan lima diantaranya maju ke babak kedua yaitu pasangan Ronald/Annisa Saufika yang berhasil membuat kejutan, menang atas pasangan Hongkong unggulan ketujuh Tang Chun Man/Tse Ying Suet rubber game dengan skor 21-14  19-21 dan 21-14.

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, menang atas pasangan Vietnam Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao dua game langsung dengan skor 21-15 dan 21-18. Pasangan unggulan kedelapan Hafiz Faizal/Gloria mengalahkan pasangan Taiwan Lee Yang/Yang Ching Tun dua set langsung dengan skor telak 21-16  21-10.

Pasangan Ricky Karandasuwardi/ Pia Zebadiah Bernadet menang rubber set atas pasangan Rusia Rodion Alimov/Alina Davletova dengan skor 21-18  13-21 dan 27-25. Terakhir pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menang dua set langsung atas pasangan rekan senegaranya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dengan skor 21-16 dan 21-14.

Sementara itu, pasangan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami menderita kekalahan dua set langsung dari pasangan Malaysia Soon Huat/Lai Shevon Jemie dengan skor 13-21  15-21.

Semoga para pemain Indonesia di lima sektor yang masih bertahan, mampu meraih gelar juara sehingga berhasil lebih baik dari partisipasi di tahun lalu yang tanpa gelar juara, selamat berjuang.