Mohon tunggu...
Rahula Fajar
Rahula Fajar Mohon Tunggu... Lainnya - PELAJAR PENYUKA KOPI

Saya mahasiswa di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di fakultas hukum, angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Panduan Pemula untuk Memanggang Kopi Enak di Rumah

29 Desember 2020   23:50 Diperbarui: 30 Desember 2020   00:26 324 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Pemula untuk Memanggang Kopi Enak di Rumah
kickstarter.com

Memanggang di rumah berarti Anda bisa minum kopi segar kapan pun Anda mau, bereksperimen dengan asal-usul kopi, dan banyak lagi. Dan usaha yang dilakukan untuk mempelajarinya mungkin terlihat sulit dan berat,tetapi kepuasan mengetahui bahwa Anda memanggang dan menyeduh kopi pagi Anda dengan mandiri akan membuat semuanya berharga.

Tapi peralatan apa yang Anda butuhkan? Kopi mentah(green bean) apa yang harus Anda gunakan? Bagaimana Anda tahu kapan kopi sudah matang? Apakah anda membutuhkan alat pemanggang yang mahal? Yuk mari kita bahas agar kita belajar bersama-sama.

MENGAPA MEMANGGANG KOPI DI RUMAH ?

Tidak ada yang memberi Anda kendali lebih besar atas kopi Anda daripada memanggangnya sendiri. Suka kopi Kenya? Anda bisa menaggang kopi Kenya. Mau kopi yang diproses madu? Beli satu dan panggang. Ingin kedai kopi terdekat Anda menawarkan kopi yang lebih terang atau lebih gelap? Bisa Anda atur sendiri.

Namun fleksibilitas ini bukanlah satu-satunya alasan untuk memanggang sendiri kopi Anda di rumah.

Kesegaran adalah faktor utama , beberapa kopi mentah dapat disimpan hingga satu tahun setelah panen tanpa menjadi basi. Kopi yang sudah di panggang, bagaimanapun akan mulai kehilangan rasa dan aromanya hanya dalam beberapa minggu. Membeli kopi mentah dan memanggang dalam jumlah kecil setiap minggu atau bahkan setiap hari, akan memastikan kopi Anda selalu segar.

Selain itu, harga kopi mentah juga jauh lebih murah daripada kopi sehingga Anda dapat menghemat banyak uang.

Memanggang kopi di rumah juga akan membantu Anda memperluas pengerahuan kopi Anda. Anda akan mulai memahami apa yang membuat kopi favorit Anda terasa begitu enak dan bagaimana Anda dapat mengubah profil sangrai atau membeli biji yang berbeda untuk menonjolkan hal itu.  Melalui waktu dan latihan, wawasan Anda akan meningkat dan membuat Anda untuk lebih menghargai kopi Anda.

APA YANG TERJADI PADA BIJI KOPI SELAMA PROSES PEMANGGANGAN ?

Biji kopi yang tidak di panggan memiliki retensi air yang signifikan. Tidak mungkin anda langsung menggiling dan menyeduhnya. Anda juga pasti tidak ingin karena, karena mereka memiliki rasa rerumputan yang khas.

Pemanganggan memiliki berbagai reaksi kimia, menghasilkan pengembangan rasa dan aroma yang lebih menggugah selera. Pemanggangan memulai berbagai reaksi kimia, menghasilkan pengembangan rasa dan aroma yang lebih menggugah selera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x