Mohon tunggu...
Rahmi Fauzannah
Rahmi Fauzannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Saya merupakan mahasiswa semester akhor yang sedang berjuang untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta

9 Desember 2022   20:14 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:40 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI KAB/KOTA PROVINSI DKI JAKARTA

Rahmi Fauzannah

Mahasiswa Program Study S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

fauzannahrahmi@gmail.com

Abstrak : Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh jumlah penduduk dan pengangguran terhadap kemiskinan di Kabupaten/kota di  provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan menggunakan time series dari tahun 2017 hingga tahun 2021 dan cross section 6 Kabupaten/Kota yang ada di DKI Jakarta ( Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta  Utara ).  Dalam penelitian ini ditemukan bahwa jumlah penduduk dan pengangguran sangat berpengaruh terhadap kemiskinan kabupaten/Kota di DKI Jakarta. Dengan adanya hal tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dan pertimbangan pemerintah dalam memberantas kemiskinan.

Kata kunci : jumlah penduduk, pengangguran, kemiskinan

  • INTRODUCTION

Provinsi DKI Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia tidak terlepas dari masalah kemiskinan. Fenomena kemiskinan yang ada seperti badut jalanan, manusia boneka, dan manusia gerobak. Mereka mencari uang di jalanan dari siapa saja yang bersimpati (Dany et al., 2022). Sebagian besar dari miskin Jakarta tinggal di kawasan kumuh, bantaran kali, pinggiran rel kereta api, dan di kolong jalan layang(Dinayanti & Indonesia, 2009).

Kemiskinan dapat terjadi karena adanya pengangguran ,rendahnya sumber daya manusia, sumberdaya alam yang terbatas, tingkat upah, jenis pekerjaan, jumlah jam kerja, kesempatan kerja, inflasi, jumlah anggota keluarga, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya. (Dp, 2017) Pengangguran yang terjadi sangat erat kaitannya dengan tingkat pertumbuhan penduduk. 

Tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi akan meningkatkan jumlah angkatan kerja ,banyaknya angkatan kerja dapat mengurangi ketersediaan lapangan  kerja di pasar kerja.Tingkat pengangguran terbuka di perkotaan mengakibatkan mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, kondisi seperti ini yang membuta tercipta dan membengkaknya jumlah kemiskinan yang ada. (Nurjanah, 2017)

Dari penjelasan diatas perlu dianalisis bagaimana pengaruh jumlah penduduk dan pengangguran terhadap kemiskinan. Karena jika dengan bertambah jumlah penduduk juga menambah angka pengangguran maka akan mempengaruhi kemiskinan dan dapat terlihat secara langsung dari data yang disajikan. Untuk lebih jelas jumlah penduduk miskin di Jakarta, dapat dilihat pada grafik berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun