Mohon tunggu...
Rahma Ahmad
Rahma Ahmad Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Travel Blogger

Lulusan arsitektur yang pernah melenceng jadi jurnalis dan editor di Kompas Gramedia. Pengarang buku 3 Juta Keliling China Utara dan Discovering Uzbekistan. Penata kata di www.jilbabbackpacker.com.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Dengan Internet, Buat Itenerary Lebih Mudah

5 Juli 2022   09:45 Diperbarui: 5 Juli 2022   09:49 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Itenerary alias rencana perjalanan. 

Benda satu ini-kalau bisa dibilang benda-adalah hal yang diperlukan saat travelling. Apalagi kalau travelling dalam waktu singkat, itenerary benar-benar harus dibuat.  Walaupun nanti saat di tujuan itenerary bisa berubah total, namun paling tidak sudah ada gambaran dan pegangan yang dibutuhkan saat berada di sana.

Bagaimana cara membuat itenerary?

  1. Tentukan destinasi yang ingin didatangi. Di awal, list saja dulu semua destinasi yang ada, baru setelah itu dipilih kembali mana yang harus didatangi, mana yang bisa di-skip. Saya sih tipe pejalan yang ga mengejar destinasi, tak perlu semua destinasi di kota itu harus saya datangi. 
  2. Lihat di google map, lokasi tiap destinasi. Tandai atau pin.
  3. Kelompokkan destinasi yang berdekatan atau berada dalam satu area.
  4.  Lihat cara menuju ke sana, dari lokasi penginapan dan dari satu destinasi ke destinasi lain. Informasi ini mencakup moda transportasi yang harus digunakan, bagaimana cara membayar moda transportasi itu, dan sebagainya.
  5. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan di suatu destinasi dan berapa lama jarak tempuhnya, supaya bisa memperkirakan dalam satu hari berapa destinasi yang bisa dikunjungi. 
  6. Bikin rencana destinasi cadangan. Tujuannya sebagai back-up kalau destinasi tujuan awal tutup atau tiba-tiba renovasi, atau tidak menyenangkan buat dikunjungi.  

Perlukah membuat itenerary detail?

Tergantung. Kalau saya, tidak. Saya tak pernah membuat itenerary detail hingga ke biaya dan jam kunjungan. Saya hanya mengira-ngira biaya kasar yang harus saya bawa. 

Tapi kalau kalian tipe yang harus prepare semua dari awal, termasuk jam kunjungan dan biaya, silakan saja ya. Tapi jangan sampai jam kunjungan itu mengikat, dan kalian jadi tidak bebas mengeksplor tempat itu.

Intinya, saat buat itenerary, rajin-rajinlah searching di internet. Untunglah sekarang ini internet sudah mudah, nggak seperti dulu waktu saya memulai travelling. Saya merasakan sekali perbedaannya, makanya saya selalu bilang, manfaat internet besar sekali untuk traveler seperti saya.

Ditambah lagi, sekarang ini makin banyak provider internet yang bisa dipilih. Salah satunya IndiHome yang merupakan unit layanan dari Telkom Indonesia bisa jadi pilihan. Internetnya Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun