Mohon tunggu...
rahmat ridho
rahmat ridho Mohon Tunggu... Freelancer - freelancer

saya akan menulis berbagai macam artikel yang membahas isu lingkungan, energi terbarukan, pertanian, sumber daya alam. semoga bermanfaat bagi pembaca

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Dampak Pencemaran Lingkungan pada Produksi Pangan

6 Agustus 2023   11:00 Diperbarui: 6 Agustus 2023   11:05 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Getty Image: sakhorn38



Pendahuluan

Pencemaran lingkungan telah menjadi masalah serius yang dihadapi dunia saat ini. Perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah ekologis, termasuk dampak buruk pada produksi pangan

Pencemaran lingkungan dapat terjadi karena berbagai aktivitas manusia, seperti industri, pertanian intensif, dan limbah rumah tangga. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi dampak pencemaran lingkungan pada produksi pangan dan pentingnya upaya untuk mengurangi dampaknya.

1. Kerusakan Tanah

Salah satu dampak pencemaran lingkungan terhadap produksi pangan adalah kerusakan tanah. Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh penggunaan pestisida dan bahan kimia beracun dalam pertanian. 

Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat mengurangi keanekaragaman hayati tanah dan merusak mikroorganisme yang berperan dalam menjaga kesuburan tanah. Selain itu, polusi tanah akibat pembuangan limbah industri atau limbah pertanian dapat menyebabkan terkontaminasinya lahan pertanian dan menghasilkan produk pangan yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

2. Pencemaran Air

Dampak pencemaran lingkungan lainnya adalah pencemaran air. Limbah industri dan limbah pertanian yang dibuang secara tidak tepat dapat mencemari sumber air, seperti sungai dan danau. 

Pencemaran air dapat mengancam keberlanjutan produksi pangan, terutama bagi komunitas yang mengandalkan sumber air tersebut untuk irigasi pertanian. Selain itu, pencemaran air juga dapat menyebabkan kualitas air yang buruk, yang berakibat pada penurunan produksi hasil perikanan dan akuakultur.

3. Gangguan pada Kehidupan Liar

Pencemaran lingkungan juga dapat menyebabkan gangguan pada kehidupan liar. Penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya dalam pertanian dapat meracuni dan membunuh berbagai spesies hewan dan tumbuhan, termasuk yang merupakan predator alami hama tanaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun