Mohon tunggu...
RAHMAT GUNAWIJAYA
RAHMAT GUNAWIJAYA Mohon Tunggu... Administrasi - PENULIS Sejarah

Penulis sejarah yang pernah kerja di perbankan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pengalaman Terbang ke Jakarta di Masa Pandemi

27 Juni 2021   19:28 Diperbarui: 29 Juni 2021   05:09 745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Konter Check ( dok pribadi)

6 Juni 2021 Hari Senin malam saya berkesempatan terbang kembali setelah lama tidak menggunakan transportasi udara sejak februari 2020 atau sebelum masa pandemi covid 19 melanda dunia dan Indonesia. Saya ingat penerbangan saya terakhir sebelum tahun 2021 ini adalah saat terbang dengan pesawat Nam air pada Februari 2020 dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta menuju Bandara Supadio Pontianak

Kondisi pandemi covid 19 memang telah banyak melanda cara kita mengendarai transportasi jika dulu untuk berangkat menggunakan pesawat cukup datang minimal 30 menit sebelumnya sebelum batas minimal check in atau cetak boarding pas kursi pesawat dan menyimpan bagasi, dengan menunjukkan tiket pesawat, kode boking pesawat dan KTP, maka sejak pandemic covid 19 ada tambahan syarat yakni menunjukkan surat hasi pemeriksaan  laboratorium baik dengan metode rapid test antigen atau PCR SWAB  yang menerangkan bahwa kita negatif covid 19 yang berlaku 2 atau 3 x 24 jam sebelum tanggal keberangkatan pesawatnya.

Artinya sejak pandemic covid 19, kebijakan regulasi pemerintah melalui satgas covid 19 mensyaratkan penumpang yang akan bepergian terutama dengan transportasi udara wajib memiliki hasil tes rapid test covid 19 yang negatif atau dinyatakan bebas covid dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum terbang.

Pada hari itu e tiket pesawat Batik Air yang saya beli melalui aplikasi Traveloka menunjukkan jam keberangkatan jam 18.40 di hari Minggu 6 Juni 2021 plus surat keterangan hasil lab negatif covid yang berlaku 3 x 24 di hari tersbut.

Mengikuti protocol kesehatan dengan memakai masker,membawa hand sanitazier sampai minyak kayu putih saya datang dua jam lebih awal dari jam check in yang satu jam sebelumnya yakni pukul 17.40 , pada pukul 15.30 saya sudah tiba di bandara , karena kebetulan jarak rumah ke bandara sekitar 35 menit dengan kendaraan roda empat melewati jalur yang minim kemacetan/

Sampai bandara begitu memasuki konter check in Batik suasana terlihat lenggang, penumpang yang berangkat bisa dihitung dalam beberapa rombongan, dan ada peraturan baru yakni sebelum check ini kita harus menuju loket atau lebih tepatnya meja pemeriksaan administrasi kesehatan yang dikelola petugas kesehatan pelabuhan dibawah Kementerian Kesehatan.

Jadi begitu saya menuju meja kesehatan saya langsung bertanya mau minta cap pak,  karena saya lihat ini meja untuk pemeriksaan administrasi kesehatan bebas covid 19, bukan meja pemeriksaan kesehatan dan prosedur yang dilakukan di meja tersebut adalah petugas memastikan surat hasil lab yang menerangkan calon penumpang negatif covid adalah surat asli dan masa berlakunya bisa digunakan sampai batas masa keberangkatan yakni 3 x 24 jam sebelum keberangkatan , dengan perhitungannya begini jika kita berangkat hari Senin, maka tes maksimal yang kita lakukan adalah hari Sabtu.

Petugas yang sudah memeriksa surat langsung membubuhkan tanda tangan dan cap disurat hasil lab yang akan kita gunakan di conter check in bersama lampiran e tiket pesawat untuk mendapatkan boarding pas nomor kursi pesawat.

Sampai diruang tunggu, penumpang tidak terlalu ramai dan semuanya memakai masker,hanya duduk tidak berjarak terutama yang saling mengenal, sampai masuk ke kabin pesawat barulah terasa penumpang cukup ramai, dari 6 baris kursi di Batik Air  rata rata terisi 5 baris hanya 1 yang kosong, pramugari yang sigap melayani penumpang menggunakan pakaian kebaya putih dengan bawahan kain warna unggu khas batik air, tapi tanpa menggunakan masker hanya menggunakan face shield atau pelindung wajah, jadi wajah cantik dan senyum ramah para pramugari yang bertugas pada penerbangan saat itu masih dirasakan penumpang.

Karena ini perjalanan pesawat malam, cuaca di kabin cukup dingin, sebelum tinggal landas pilot mengumumkan bahwa kabin telah dilengkapi penyaring udara anti virus dan bakteri sehingga cukup aman dan sehat, penumpang di kabin juga sebagian besar melepas maskernya, karena pengap juga rasanya harus hidup berjam jam dengan kondisi hidung dan mulut tertutup masker.

Kabin Pesawat Batik Air (dok pribadi)
Kabin Pesawat Batik Air (dok pribadi)
Jam menunjukkan jam 20.30  ketika saya mendarat di Soekarno Hatta Airport di Cengkareng, karena tidak ada membawa bagasi begitu keluar kabin saya leluasa bergegas menuju pintu keluar, tapi tertahan sementara karena ada pos pemeriksaan administrasi kesehatan , ya bukan pemeriksaan kesehatan bagi penumpang tapi pos administrasi kesehatan untuk memerika surat hasil lab yang dibawa penumpang, jika penumpang sudah punya aplikasi halodoc cukup menunjukkan hp atau barcode di surat hasil lab, jika tidak termasuk saya, harus menulis formulir data yang menerangkan tentang kondisi kesehatan sebelum dan sesudah perjalanan, ya cukup tulis formulir setelah itu kita bebas keluar dari bandara.

Setelah menuju pintu keluar saya bergegas menuju konter blue bird karena sebelumnya sudah pesan taksi secara online melalui aplikasi traveloka, kenapa saya pilih pesan secara online karena harganya transparan dan sudah include parkir dan biaya toll, total 230.000 biaya yang saya keluarkan untuk pesan taksi blue bird dengan layanan golden bird mobil avanza baru, begitu diconter blue bird setelah menunjukkan kode pemesanan petugas langsung mengantar saya ke mobil avanza baru yang bersih dan nyaman dengan supir yang sigap mengantar saya ke hotel Ashley di daerah Sabang atau Jl. Agus Salim di daerah Jakarta Pusat.

Setelah menempuh 30 menit perjalanan dari bandara Soekarno Hatta , saya tiba di Ashley Hotel, begitu check in saya mendapati kamar di lantai I yang cukup nyaman, paginya ketika sarapan menuju restoran yang terlihat hanya beberapa orang menyantap nasi box, rupanya sesuai protokol kesehatan makanan sarapan yang disajikan di hotel ini dalam bentuk nasi box dengan menu sehat dan dilengkapi potongan buah semangka dan melon, nasi box nya sendiri tidak diambil di restoran, tapi di meja resepsionis dengan menyebut nomor kamar maka petugas resepsionis akan mencatat dan mempersilahkan kita mengambil nasi box

menu nasi box hotel ashley sabang ( dok pribadi)
menu nasi box hotel ashley sabang ( dok pribadi)
Setelah sarapan saya mempersiapkan diri untuk menuju tempat kegiatan kantor di bilangan Jalan MH Thamrin Jakarta, jaraknya ke lokasi sekitar 1,8 km dari hotel artinya bisa ditempuh dengan jalan kaki untuk olahraga ringan, tapi saya memutuskan untuk memesan go jek karena saya juga tidak hapal jalan jalan di Jakarta walaupun bisa dibantu denga google maps.

Begitu sampai ke lokasi acara tidak ada protokol kesehatan yang ketat walau acara tersebut diikuti lebih dari 50 orang, seperti pemeriksaan dengan thermal gun hanya saja panitia menyiapkan banyak hand sanitazier dibeberapa meja serta kran air juga cukup tersedia, yang agak berbeda terkait seminar kit yang dulu biasanya dibagikan tas kerja berisi buku, flash disk dan alat tulis , saat kondisi suasana pandemi saat ini yang dibagikan adalah tas kerja dimana didalamnya berisi alat kesehatan seperti masker 1 lusin, vitamin c  dan hand sanitazier ukuran 60 ml. Walapun di ruangan tidak ada yang menjaga jarak tapi peserta disiplin memakai masker dan sering menyemprotkan hand sanitazier ke tangan masing masing. Demikianlah suasana yang saya dapat saat berpergian ke Jakarta mengikuti kegiatan rapat kerja di kantor daerah MH Thamrin Jakarta saat situasi pandemic corona masih melanda.

Suasana Raker (dok pribadi)
Suasana Raker (dok pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun